dc.description.abstract | Sebuah caffe dapat dipandang sebagai salah satu bangunan yang
mempunyai ciri khas khusus untuk menarik pengunjung, khususnya
pada elemen interior caffe sebagai sarana kenyamanan pengunjung.
Penelitian persepsi visual pengunjung terhadap elemen interior
bergaya klasik ini bertujuan (a) Mengidentifikasi persepsi visual
pengunjung kafe pada elemen interior desain coffe shop; (b)
Mengetahui variasi persepsi visual; (c) Memahami faktor yang
mempengaruhi terbentuknya persepsi visual. Metode penelitian
yang digunakan dengan pendekatan kualitatif, deskriptif dengan
analisis deduktif dan induktif, data diperoleh dari observasi dan
wawancara. Penelitian dilakukan di Polokarto, Sukoharjo dengan
jumlah responden sebanyak 40 orang. Kesimpulan dari penelitian ini
(a) Persepsi visual pengunjung caffe bervariasi dari melihat furniture
custom, elektronik lawas, barang-barang antic serta mesin-mesin
lawas, (b) faktor yang mempengaruhi persepsi visual pengunjung
seperti, bentuk, minarets atau menara pada caffe, rupa/wujud,
bangunan yang luas dan mewah, warna, bangunan unfinishing dan
cahaya nyaman, tektur, pada mesin-mesin lawas, furniture dan
barang-barang antic. | id_ID |