KAJIAN IDENTIFIKASI MODEL MANAJEMEN MUTU PROSES PEMELIHARAAN JALAN TOL TANGERANG - MERAK
View/ Open
Date
2021-06Author
Arumsari, Putri
Simanjuntak, Manlian Ronald A.
Metadata
Show full item recordAbstract
Berdasarkan hasil SPM jalan tol tahun 2012-2014, terdapat beberapa indikator pelayanan yang tidak
memenuhi persyaratan untuk beberapa ruas jalan tol. Untuk menjaga SPM jalan tol tetap terpenuhi,
pemeliharaan jalan tol perlu disesuaikan dengan standar manajemen mutu. Standar yang dapat
digunakan adalah ISO 9001:2015 dan PMBOK. Salah satu prinsip ISO 9001:2015 dan PMBOK adalah
customer focus, sehingga kepuasan pengguna menjadi tujuan dari sebuah pelayanan. Jalan tol Tangerang
– Merak memiliki panjang 72,45 km yang menghubungkan 3 wilayah. Permasalahan penelitian yang
dianalisis adalah: Apa indikator manajemen mutu sesuai standar yang diacu? Apa indikator proses
pemeliharaan jalan tol yang berkualitas sesuai dengan standar yang diacu? Bagaimana potret
penyelenggaraan jalan tol Tangerang – Merak? Apa state of the art yang dilakukan dalam proses
penelitian ini? Metodologi penelitian ini adalah dengan analisis deskriptif dengan menggunakan metode
kualitatif. Instrumen penelitian ini yaitu data sekunder, yang terdiri dari data proyek, hasil penelitian dan
referensi yang terkait. Hasil akhir dari penelitian ini berupa identifikasi model manajemen mutu dari ISO
9001:2015, PMBOK serta proses kegiatan pemeliharaan jalan tol. Hasil penelitian ini dapat memberikan
referensi dalam rangka mengetahui indikator manajemen mutu dan indikator proses pemeliharaan jalan
tol, memahami potret penyelenggaraan jalan tol Tangerang – Merak dan state of the art dari penelitian
ini.