dc.description.abstract | Kepuasan merupakan suatu keadaan ketika kebutuhan, keinginan, dan harapan dapat
dipenuhi melalui produk atau jasa yang dikonsumsi. Waktu tunggu pasien merupakan salah satu
komponen yang potensial menyebabkan ketidakpuasan. Waktu tunggu adalah waktu yang
digunakan pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mulai tempat pendaftaran sampai
masuk ke ruang pemeriksaan dokter. Tujuan penelitian ini untuk menganalis kepuasan pasien
BPJS terhadap waktu tunggu pelayanan Puskesmas di Sukoharjo.Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis kualitatif yang bersifat deskriptif. Metodenya lebih menekankan
pada kesimpulan analisis data dengan teknik wawancara mendalam, Focus Group Discussion,
dan observasi. Total informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah sebelas (11) orang,
informan terdiri atas delapan (8) pasien BPJS dan tiga (3) pasien umum.Hasil penelitian ini
didapatkan adakepuasan pasien BPJS terhadap waktu tunggu pelayanan Puskesmas di Sukoharjo.
Kepuasan tersebut merupakan cerminan dari dua kategori yaitu alur pasien BPJS dan pasien
umum yang tidak dibedakan dan waktu tunggu pelayanan antara pasien BPJS dan pasien umum
yang tidak dibedakan. Keterbatasan penelitian ini adalah jumlah informan antara pasien BPJS
dan pasien umum yang tidak seimbang. Kesimpulan berdasarkan temuan pada penelitian ini yaitu
didapatkan ada kepuasan pasien BPJS terhadap waktu tunggu pelayanan Puskesmas di
Sukoharjo. | id_ID |