PERTIMBANGAN, PENGETAHUAN, DAN SIKAP KONSUMEN INDIVIDU TERHADAP BANK SYARIAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis kriteria seleksi yang dipertimbangkan konsumen
individu dalam memilih bank Syariah; mengetahui tingkat pengetahuan konsumen
terhadap produk perbankan Syariah; serta menganalisis sikap konsumen terhadap bank
Syariah. Subyek penelitian adalah konsumen individu yang menggunakan jasa Bank Muamalat
Indonesia serta Bank Syariah Mandiri di Kabupaten Banyumas Purwokerto. Metode
analisis data adalah deskriptif statistik dan analisis faktor. Hasil analisis menyimpulkan
bahwa ada tujuh faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih bank Syariah antara
lain: persepsi, proses, kondisi fisik, harga, sumber daya manusia, sosial dan faktor lokasi. Persepsi
konsumen merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen
dalam memilih bank Syariah. Sebagian responden memiliki keterbatasan pengetahuan tentang
produk perbankan Syariah. Agama bukanlah alasan utama konsumen inidividu dalam
memilih bank Syariah. Konsumen lebih mempertimbangkan laba atau bagi hasil yang ditawarkan
bank Syariah dibanding faktor lainnya.