STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menyusun strategi yang operasional dan tepat untuk
mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta (DIY). Profil UMKM juga perlu dikenali dan dianalisis. Penelitian ini menggunakan
data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari survei lapangan, sedangkan data
sekunder diperoleh dari berbagai sumber publikasi. Metode analisis yang digunakan adalah
pendekatan deskriptif. Berkaitan dengan berbagai masalah yang dihadapi oleh UMKM, ada
beberapa strategi untuk mengatasinya. Pengembangan UMKM tidak hanya oleh UMKM
saja, tetapi juga harus didukung semua stakeholder. Dukungan diharapkan datang dari asosiasi
bisnis, perguruan tinggi, dan instansi terkait di kabupaten/kota di DIY. Kebijakan pemerintah
juga diperlukan untuk mendorong pengembangan UMKM. Pengembangan UMKM di
DIY merupakan percepatan transformasi UMKM dari fase formasi menuju fase stabilisasi.
Kata kunci: strategi pengembangan, UMKM, stakeholder, industri kecil