PENENTUAN STRATEGI SUSTAINABILITY USAHA PADA UKM KULINER DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT - AHP
View/ Open
Date
2011-12Author
Setiyadi, Sigit
Amar, Kifayah
Aji, Taufiq
Metadata
Show full item recordAbstract
Suatu metode untuk menentukan strategi sustainability bagi UKM kuliner
adalah dengan mengumpulkan informasi mengenai faktor kekuatan, kelemahan,
peluang dan faktor ancaman yang dihadapi UKM kuliner, baik informasi pada masa
sekarang maupun dimasa yang akan datang. Berdasarkan informasi ini UKM kuliner
harus menentukan suatu strategi sebagai alternatif strategi sustainability yang harus
diterapkan. Tujuan dari penentuan strategi sustainability ini adalah untuk mengambil
keuntungan dari adanya faktor kekuatan dan peluang, memperkuat faktor kelemahan
dan mengembangkan pertahanan terbaik dari faktor ancaman. Penentuan strategi
sustainability belum tentu merupakan strategi yang terbaik dan sesuai dengan tujuan
yang ada pada UKM kuliner, sehingga muncul permasalahan untuk menentukan
strategi sustainability yang paling baik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini digunakan
penggabungan metode SWOT dan AHP untuk membandingkan alternatif strategi
sustainability yang ada. Adapun strategi sustainability yang ada pada penelitian ini
mencakup strategi membuka cabang lokal, membuka cabang luar daerah, kemitraan
saham sebagian, dan strategi kemitraan saham keseluruhan. Dalam penelitian ini yang
menjadi prioritas utama dalam pengembangan bisnis untuk mencapai sustainability
adalah strategi dengan membuka cabang luar daerah yaitu dengan nilai akhir bobot
prioritas tingkat evaluasi keseluruhan tertinggi sebesar: 3.413.