ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA BAGIAN TATA USAHA BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA
View/ Open
Date
2011-12Author
Muzakiyah
Syukri, Siti Husna Ainu
Setyaningsih, Ira
Metadata
Show full item recordAbstract
Kepuasan pelanggan merupakan hasil (outcome) yang dirasakan atas
penggunanya produk atau jasa, sama atau melebihi harapan yang diinginkan.
Pelayanan di bagian Tata Usaha idealnya lebih bersahabat, cepat dan akurat. Ini berarti
orientasi layanan di bagian Tata Usaha harus didasarkan pada kebutuhan mahasiswa.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan dengan menggunakan Pendekatan Lean
ServPerf (Lean Service dan Service Performance). Service Performance digunakan
untuk menganalisis tingkat instrumen kinerja pelayanan bagian Tata Usaha. Lean
Service digunakan untuk menghilangkan waste aktivitas yang tidak bernilai tambah.
Hasil dari penelitian ini, terdapat 14 atribut pelayanan yang perlu dilakukan perbaikan
untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bagian Tata Usaha Fakultas.