dc.identifier.citation | Abdurrahman, M., & Totok, B. 2000. Memahami dan menangani siswa dengan problema dalam belajar: Pedoman guru, Jakarta : Proyek peningkatan mutu SLTP Direktorat pendidikan menengah umum, Direktorat pendidikan dasar dan menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Abin Syamsudin Makmun. 2004. Psikologi Kependidikan. Bandung : PT. Remaja karya. Aronson. 2000. www. Jigsaw.org. Anita Lie. 2005. Cooperative Learning Mempraktekkan Cooperative Learning di ruangruang kelas. Jakarta : Grasindo. Arend Richard. 1997. Classroom Intruction and Management. Central Conecticut State University : The MC. Graw-Hill. Baron, Robert A. Byrne, Donn. 1991. Social Psikology, Tokyo : Allyn and Bacon. Chaplin, J.P. 1975. Dictionary of Psychology. New York : Dell Publishing Co. Inc. Cohen, Elizabeth. 1994. Designing Gropwook : Strategies for the Heterogeneus Classroom 2 nd ed. New York : Teachers College Press. Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 SMA Pedoman khusus pengembangan silabus dan penilaian mata pelajaran geografi. Jakarta : Direktorat Jenderal pendidikan dasar dan menengah Direktorat pendidikan menengah umum. Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Refika Aditama. Muchtar Buchori. 1989. Teknik-teknik Evaluasi dalam pendidikan. Bandung : Jemmars. Ngalim Purwanto. 1986. Ilmu Pendidikan. Bandung : Remaja karya Nurhadi, Senduk, AG., 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang. Paul, Suparno. 1997. Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan. Jogjakarta : Kanisius. Ratna Wilis Dahar. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta : Penerbit Erlangga. Rusli Ibrahim. 2001. Pembinaan Perilaku Sosial melalui pendidikan Jasmani Prinsip-prinsip dan Metode. Jakarta : Direktorat Jenderal Olahraga Depdiknas. Slavin, Robert E. 1994. Educational Psycology : Theory and Practise Fourth Edition. Massachusets : Allyn and Bacon Publisher. ___________ 1995. Cooperative Learning Theory Research, and Practice ( Scond Edition ). Masachusets : A. Simon & Schuster Company. Sri Anitah Wiryawan, Noorhadi Th., 001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Sunarti, B., dan Munawir Yusuf. 1987. Psikologi Pendidikan. Surakarta : UNS Pres. Sutartinah Tirto Negoro. 1998. Anak-anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Yogyakarta : Rake Surakin. Syaiful Bahri Djamariah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha Nasional. Winkel W.S. 1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia. www. Ekofeum. Or. id. www. Jigsaw.org/steps.htm. Zaenal Arifin. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip – Teknik – Prosedur. Bandung : Remaja Rosda karya. | en_US |
dc.description.abstract | Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Untuk Peningkatan Perilaku Sosial Dan Prestasi Belajar
Pada Mata Pelajaran Geografi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar Tahun Pelajaran
2006/2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang berupa : (1) Peningkatan perilaku sosial
siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2006/2007 dengan pembelajaran
kooperatif metode jigsaw, (2) Peningkatan prestasi belajar mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA
Negeri Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2006/2007 dengan pembelajaran kooperatif metode jigsaw.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Obyek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI
IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahunpelajaran 2006/2007. Teknik pengumpulan datanya yang
berkaitan dengan metode pembelajaran menggunakan kuesioner, untuk perilaku sosial siswa dengan
pengamatan, sedang untuk prestasi belajar mata pelajaran geografi menggunakan tes prestasi. Metode
wawancara digunakan dalam pengumpulan data yang berkaitan dengan kondisi siswa kelas XI IPS 2 SMA
Negeri Jumapolo tahun pelajaran 2006/2007. Teknik analisa data menggunakan analisa perbandingan
dengan cara data yang didapat pada peristiwa-peristiwa pertama ke peristiwa berikutnya dipaparkan dan
diperbandingkan kemudian diungkapkan dalam bentuk kata-kata atau dideskripsikan. Setelah dilakukan
analisis diperoleh kesimpulan : (1) penerapan pembelajaran kooperatif metode jigsaw dapat meningkatkan
perilaku sosial siswa yang dibuktikan dengan perolehan rerata skor nilai unsur-unsur pembentuk perilaku
sosial yang diperoleh siswa pada pembelajaran siklus I = 2,49, pada siklus ke II = 2,69 dan pada siklus ke III
= 2,93, (2) terdapat manfaat dalam penerapan pembelajaran kooperatif metode jigsaw untuk peningkatan
prestasi belajar mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumapolo Karanganyar tahun
pelajaran 2006/2007, dibuktikan dengan rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada siklus ke I = 63,18 dengan
siswa tuntas belajar sebanyak 63 %, pada siklus ke II = 75,95 siswa yang tuntas belajar sebanyak 79 %,
sedang pada siklus ke III = 76,54 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 86 %. | en_US |