PENDIDIKAN KARAKTER ( KAJIAN DARI TEORI EKOLOGI PERKEMBANGAN)
Abstract
Tulisan ini dilatar belakangi beberapa fenomena di masyarakat yang menunjukkan rendahnya
karakter anak. Fenomena itu antara lain masih banyaknya kasus bullying di sekolah, tindak asusila, bahkan
kriminalitas anak. Permasalahan ini disebabkan antara lain karena pendidikan karakter masih dilakukan secara
parsial. Oleh karena itu, tulisan ini berusaha mengkaji pendidikan karakter dengan pendekatan yang holistik.
Teori ekologi perkembangan mengkaji pendidikan karakter anak dengan pendekatan ekologi, yaitu melalui
pendekatan : 1) mikrosistem, yaitu mengkaji peran keluarga individu, teman-teman sebaya, sekolah dan
lingkungan dalam pendidikan karakter, 2) eksosistem, yaitu mengkaji pengalaman-pengalaman dalam setting
sosial lain di mana anak tidak memiliki peran yang aktif tetapi berperan dalam pengembangan karakter,
3)Makrosistem, yaitu kajian tentang peran kebudayaan dalam pendidikan karakter.