PERAN KONSEP DIRI DAN KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER DAYA JUANG SISWA PESANTREN
Abstract
Institusi pendidikan pesantern memiliki peran sentral dalam membentuk karakter daya juang siswa.
Pendidikan pesantren merupakan perpaduan sistem pendidikan modern dengan tradisional religius yang
diwujudkan melalui metode pendidikan boarding school. Pesantren mencoba untuk memaknai hakikat
pendidikan melalui perspektif Islam, yaitu pendidikan harus dapat berfungsi sebagai media rekonstruksi diri dan
pengembangan moral terhadap Allah, diri sendiri dan alam keseluruhan. Nilai-nilai yang diajarkan di pesantren
meliputi prinsip-prinsip untuk bertahan hidup dengan tetap mengedepankan nilai-nilai agama dan moral sebagai
landasannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran konsep diri dan keterampilan sosial terhadap
pembentukan karakter daya juang siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah 60 siswa dan siswi pesantren Darul
Hijrah Cindai Alus Martapura. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Skala daya
juang, konsep diri dan keterampilan sosial merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil
penelitian menunjukkan ada hubungan signifikan konsep diri dan keterampilan sosial dengan daya juang siswa
pesantren. Konsep diri dan keterampilan sosial secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar
29.6 % terhadap daya juang. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan adanya hubungan positif antara konsep
diri dengan daya juang, namun tidak terdapat hubungan antara keterampilan sosial dengan daya juang siswa
pesantren.