Show simple item record

dc.contributor.authorNi’matuzahroh
dc.date.accessioned2012-07-25T03:20:02Z
dc.date.available2012-07-25T03:20:02Z
dc.date.issued2012-04-21
dc.identifier.citationAjisuksmo, C. (2010). Pendidikan karakter.Makalah Konfrensi Nasional & Workshop Assosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia, Oktober, 2010. Gunarsa, S. (1981). Dasar dan teori perkembangan anak. Jakarta: BPK.Gunung Mulia. Hurlock, E .B. (1978). Child development. Tokyo: Mc.Graw-Hill, Kogakusha, Ltd. ____________.(1990). Psikologi perkembangan : Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta : Erlangga. Koesoema A.D. (2010). Mengembangkan kultur akademis bagi pembentukan karakter bangsa. Makalah Konfrensi Nasional & Workshop Assosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia, Oktober, 2010. Megawangi, R. (2010). Strategi dan implementasi model pendidikan holistik berbasis karakter. Makalah Konfrensi Nasional & Workshop Assosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia, Oktober, 2010. Rose Mini, A.P. (2010). Perkembangan moral sebagai dasar pendidikan karakter anak. Makalah Konfrensi Nasional & Workshop Assosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia, Oktober, 2010. Santrock, J.W.( 2008). Educational psychology.. United states : Mc.Graw-Hill Companies, Inc. ___________.(2008). Life-span development. Perkembangan Masa Hidup.Edisi kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Semiawan, C.R. (2010). Peran pendidikan dalam pembangunan karakter bangsa. Makalah Konfrensi Nasional & Workshop Assosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia, Oktober, 2010.en_US
dc.identifier.isbn978-602-96633-1-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1767
dc.description.abstractPendidikan karakter merupakan sebuah proses panjang yang harus dilakukan sejak anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi sekolah dalam menerapkan pendidikan karakter mengingat selama ini belum adanya kesinambungan antara nilai-nilai karakter yang diajarkan di sekolah dengan di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di TK Al- Ghoniyyah Malang dengan subjek penelitian sebanyak 28 orangtua dan 11 guru. Metode pengumpulan data menggunakan angket semi terbuka (questionnaire). Analisa data menggunakan analisis non-statistik dengan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan orangtua dan guru memiliki pandangan bahwa pendidikan karakter sangat penting ditanamkan sejak dini sebagai bekal anak dalam menempuh hidup, anak memiliki kepribadian yang tangguh dan nilai-nilai dapat tertanam sampai anak dewasa. Adanya kesamaan nilai karakter yang ditanamkan di sekolah dan di rumah yaitu nilai kejujuran, keadilan, tenggang rasa, empati, tanggungjawab, menghargai, kebaikan, kedisiplinan dan keislaman, walau penekanan nilai yang diberikan di rumah dan di sekolah memiliki perbedaan. Pendidikan karakter dilakukan saat melakukan aktivitas sehari-hari dengan memberi contoh langsung pada anak, dan meminta anak mempraktekkannya langsung. Kendala yang muncul adalah perbedaan pendapat dengan lingkungan keluarga, faktor usia dan kemampuan anak dalam mencerna nilai-nilai karakter yang diajarkan, kesibukan orangtua bekerja sehingga waktu anak lebih banyak dengan oranglain.Upaya yang dilakukan orangtua dan guru untuk mengatasi kesulitan dalam pendidikan karakter adalah memberi pemahaman, keteladanan pada anak maupun sharing kesulitan yang dihadapi dalam pendidikan karakter, membangun komunikasi antara sekolah dan orangtua.en_US
dc.publisherFak Psikologi UMSen_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.subjectanak pra sekolahen_US
dc.titleANALISIS PERMASALAHAN PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK PRA-SEKOLAH (Studi di TK Al Ghoniyyah Malang)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record