Show simple item record

dc.contributor.authorHertinjung, Wisnu Sri
dc.contributor.authorSusilowati
dc.contributor.authorWardhani, Indrastiti Radna
dc.date.accessioned2012-07-25T03:26:04Z
dc.date.available2012-07-25T03:26:04Z
dc.date.issued2012-04-21
dc.identifier.citationAstuti, P.R. (2008). Meredam bullying: 3 Cara efektif mengatasi kekerasan pada anak. Jakarta: Grasindo. Besag, V.E. (2006). Bullies and victims in scholls. Milton Keynes: Open University Press. Catshade. (2007). “Bullying” dalam dunia pendidikan (bagian 2b): Pelaku juga adalah “korban”. Jurnal Psikologi Populer. http://popsy.wordpress.com/2007/07/28/. Coloroso, B. (2007). Stop bullying. Jakarta: Penerbit Serambi Ilmu Semesta. Karyani, U., Lestari, S. (2002). Buku pegangan kuliah dan praktikum psikodiagnostik V. Surakarta: Fakultas Psikologi UMS. Olweus, D. (2004). Bullying at school. Australia: Blackweell Publishing. Riauskina, I.I., Djuwita, R., dan Soesetio, S.R. (2005). “Gencet-gencetan” dimata siswa/siswi kelas 1 SMA: Naskah kognitif tentang arti, skenario, dan dampak “gencet-gencetan”. Jurnal Psikologi Sosial, 12(01), 1-13. Rigby, K. (2003). Bullying in schools: And what to do about it (revised and updated). Australia: Acer Press. Sejiwa. (2008). Bullying: Mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak. Jakarta: Grasindo. Suryabrata, S. (2005). Psikologi kepribadian. Jakarta: Rajawali Press. Turkel, A.R. (2007). Sugar and spice and puppy dog’s tails: The psychodynamics of bullying. Journal of the American Academy of Psychoanalysts and Dynamics Psychiatry. 35 (2): 243-258. Widayanti, C.G.S. (2009). Fenomena bullying di sekolah negeri semarang: Sebuah study kualitatif. Jurnal Psikologi Undip, 5 (2). Desember 2009.en_US
dc.identifier.isbn978-602-96633-1-0
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1768
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk memahami profil kepribadian pelaku dan korban bullying berdasarkan faktor-faktor kepribadiannya. Subjek penelitian adalah pelaku dan korban bullying di suatu SMA di kota Surakarta dan berusia minimal 16 tahun. Subjek penelitian diambil secara purposive melalui proses screening terhadap 241 siswa dan diperoleh 52 siswa sebagai pelaku dan 53 siswa sebagai korban bullying, dengan total subjek sebanyak 37 siswa. Profil kepribadian pelaku dan korban bullying diungkap dengan inventori kepribadian 16 PF (Sixteen Personality Factors). Data penelitian dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor kepribadian yang dominan pada pelaku bullying adalah faktor A, C, E, L, dan Q3. Faktor-faktor kepribadian yang dominan pada korban bullying adalah faktor A, B, C, F, H, M, O. Pelaku dan korban memiliki persamaan faktor kepribadian yang dominan pada faktor A (warmth) dan C (emotional-stability).en_US
dc.publisherFak Psikologi UMSen_US
dc.subjectprofil kepribadianen_US
dc.subjectbullyingen_US
dc.titlePROFIL KEPRIBADIAN 16 PF PELAKU DAN KORBAN BULLYINGen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record