dc.contributor.author | Abidin, Zaenal | |
dc.date.accessioned | 2012-07-25T04:10:56Z | |
dc.date.available | 2012-07-25T04:10:56Z | |
dc.date.issued | 2012-04-21 | |
dc.identifier.citation | Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press. Ghufron & Risnawati. (2011). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Arruz Media. Hidayatullah. M. F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: UNS Press. Irwanto, dkk. (1997). Pikologi Umum: Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka. Khan, D Y. (2010). Pendidkan Karakter Berbasis Potensi Diri. Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Jogjakarta: Pelangi Publishing. No Name (2010 Mei 5). Mendiknas: Pendidikan Karakter Mendesak Diterapkan. Retrieved 10 Oktober 2010 from http://www.penapendidikan.com/mendiknas-pendidikan-karakter-mendesakditerapkan. html. Novalia, F. (2012). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan penyesuaian Sosial Pada Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Diponegoro Semrang Yang berasal dari Luar jawa. Skripsi. Fakultas psikolpgi Universitas Diponegoro Semarang. Santrock, J.W. (2003). Adolesence: Perkembangan Remaja. Terjamahan Shinto, Adelar & Saragih. Jakarta: Erlangga. Setiyono, B., dkk. (2012). Materi Pembinaan Karakter Mahasiswa Baru Universitas Indonesia. Semarang: Universitas Diponegoro. Sakti, H. (2012a). Pengembangan Soft Skill. Menuju Psikologi Ber EMPATHY. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Dipoegoro. _______. (2012b). Internal Character Building. Deal for “IDEAL” Agent of Change. Semaramg: Universitas Diponegoro. UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas Yuniar, M., Zaenal, A. dan Puji, A.T. (2005). Penyesuaian Diri Santri Putri Terhadap kehidupan Pesantren ( Studi Kualitatif pada Madrasah Takhasusyah Pondok Pesanren Modern Islam Assalam Surakarta. Jurnal Psikologi. 02.01, 10 -17. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-602-96633-1-0 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/1775 | |
dc.description.abstract | Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional yang sampai sekarang masih “hidup” di
tengah-tengah bangsa Indonesia. Namanya tidak hanya diabadikan sebagai nama Universitas, tetapi juga
untuk Kodam, bahkan untuk nama jalan di Semarang, Jakarta dan kota lain di Indonesia. Sebagai
pahlawan, maka Diponegoro mempunyai karakter spesifik yang harus diwarisi oleh generasi penerusnya,
lebih khusus untuk mahasiswa universitas yang menggunakan nama Diponegoro. Diantara karakter yang
perlu diwarisi adalah beliau seorang yang religius, santri dan Islami. Sedangkan karakter lain adalah: jujur,
berani dan peduli. Karakterter tersebutlah yang akan didikkan kepada para mahasiswa baru melalui
Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB ). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman
dan internalisasi nilai-nilai kejuangan atau karakter Diponegoro dalam diri mahasiswa. Hasil penelitian ini
diharapkan sebagai masukan kepada Universitas Diponegoro khususnya bidang kemahasiswaan yang
menjadi penanggung jawab program ini. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen yakni
dengan menggunakan desain pre tes-post tes. Responden akan diberikan skala Karakter Diponegoro pada
awal atau sebelum program dan sesudah program selesai. Skala Karakter Diponegoro terdiri atas 40 item
yang disusun atas dasar aspek religiusitas, kejujuran, keberanian dan kepedulian. Populasi penelitian ini
adalah mahasiswa angkatan 2012 dari 11 fakultas yang ada di Universitas Diponegoro Semarang. Teknik
sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan t-test
dengan bantuan program SPSS 17. | en_US |
dc.publisher | Fak Psikologi UMS | en_US |
dc.subject | pendidikan karakter Diponegoro | en_US |
dc.subject | religius | en_US |
dc.subject | jujur | en_US |
dc.subject | berani dan peduli | en_US |
dc.title | PENDIDIKAN KARAKTER DIPONEGORO | en_US |
dc.type | Article | en_US |