MENTAL PEMBELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN
Abstract
Isu tentang peningkatan sumber daya manusia pada akhir abad ke dua puluh dan terebih di awal
abad 21 menjadi sangat penting untuk segera diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara. Kualitas sumber daya manusia yang dimaksudkan adalah kualitas dalam keilmuan, keimanan dan
ketaqwaan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah
melalui pemberdayaan-pemberdayaan terhadap lembaga-lembaga pendidikan, terutama lembaga pendidikan
umum keagamaan dan pesantren. Tulisan ini mencoba menelaah konsep pengembangan mental pembelajar para
santri pondok pesantren , ditengah hiruk pikuk gerakan modernitas pendidikan umum yang cenderung kurang
member I porsi lebih kepada masalah pendidikan dan keagamaan. Muara dari kajian ini adalah terwujudnya
platform kehidupan pendidikan yang berkarakter berbasis pendidikan Islam tradisional yang selama ini disebut
dengan istilah “pondok pesantren”.