PRODUKSI TEKS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI POLITIK MEDIA
Abstract
Teori ekonomi politik termasuk teori yang menggunakan pendekatan kritis dimana fokus
utamanya terletak pada hubungan antara struktur ekonomi, dinamika industri media dan
ideologi isi media. Fokus kajian yang demikian berimplikasi pada perhatian kajian yang
diarahkan pada struktur kepemilikan dan kontrol dari media serta bagaimana kekuatan pasar
media berlangsung. Dari pandangan tersebut, institusi media dianggap sebagai bagian dari
sistem ekonomi yang sangat berdekatan dengan sistem politik. Di dalam perkembangannya,
ekonomi politik yang lahir sebagai bentuk respon terhadap akselerasi kapitalisme. Menurut
Golding dan Murdock, setidaknya terdapat tiga tugas utama pendekatan ekonomi politik
terhadap sebuah budaya (teks) yang telah dihasilkan. Pertama, melakukan analisa terhadap
produksi budaya (teks). Kedua, menganalisa teks yang telah dihasilkan oleh industri media.
Ketiga, menilai ekonomi politik dari sisi konsumsi budaya untuk menggambarkan relasi
ketidakseimbangan antara materi dan budaya. Dalam pembahasan kali ini kali ini, fokus kajian
akan dilakukan terhadap produksi teks yang telah dihasilkan oleh media.