dc.identifier.citation | Aswi, Bang. 2008. “Bacalah! Agar Anda Siap Menjadi Penulis.” Diakses dari http:// bangaswi.com/tag/master/ pada 30 Desember 2008.Budiyanto, Dwi. 2005. “Mengoptimalkan Kemampuan Menulis Anak melalui Rangsangan Membaca Sejak Dini”, dalam Wiedarti, Pangesti (Ed.). Menuju Budaya Menulis. Yogyakarta: Tiara Wacana. Butler,Malcolm B,Catherine Nesbit. 2008.” Using Science Notebooks to Improve Writing Skills and Conceptual Understanding”. Science Activities. Washington: Winter 2008. Vol. 44, Iss. 4; p. 137, 9 pgs. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah. 2007. Kumpulan Permendiknas tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Panduan KTSP. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Foulger,Teresa S., Margarita Jimenez-Silva. 2007. “Enhancing the Writing Development of English Language Learners: Teacher Perceptions of Common Technology in Project- Based Learning.” Journal of Research in Childhood Education. Olney: Winter 2007. Vol. 22, Iss. 2; p. 109, 16 pgs. Hayon, Josep. 2007. Membaca dan Menulis Wacana: Petunjuk Praktis bagi Mahasiswa. Jakarta: Grasindo. Hernowo. 2005. Quantum Writing: Cara Cepat dan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis. Cetakan Keempat. Bandung: MLC. Jauhari, Heri. 2008. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung : Pustaka Setia. Kellogg, Ronald T and Bascom A Raulerson III. 2007. “Improving the Writing Skills of College Students”. Psychonomic Bulletin & Review. Austin: Apr 2007. Vol. 14, Iss. 2; p. 237, 6 pgs. Kusmiatun, Ari. 2005. “Harmoni Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual dalam Pembelajaran Menulis”, dalam Wiedarti, Pangesti (Ed.). Menuju Budaya Menulis. Yogyakarta: Tiara Wacana. Listyorini, Ari. 2005. “Berbagai Kesalahan Mekanik dalam Karya Ilmiah Mahasiswa”, dalam Wiedarti, Pangesti (Ed.). Menuju Budaya Menulis. Yogyakarta: Tiara Wacana. Marahimin, Ismail. 2004. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya. Maslakhah, Siti. 2005. “Menulis Tidak Semudah Membaca: Seputar Keluhan Mahasiswa terhadap Penulisan Karya Ilmiah”, dalam Wiedarti, Pangesti (Ed). Menuju Budaya Menulis. Yogyakarta: Tiara Wacana. Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. “Menulis Awal dan Perkembangannya”, dalam Wiedarti, Pangesti (Ed). Menuju Budaya Menulis. Yogyakarta: Tiara Wacana. Nurudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press. Peh, WCG. 2008. “Scientific Writing and Publishing: Its Importance to Radiologists.” Departement of Diagnostic Radiology, Alexandra Hospital, Singapore. Reseived 30 August 2007, received revised form 25 December 2007, accepted 2 January 2008. Biomedical Imaging and Intervention Journal Commentary. Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning-101 Cara Belajar Siswa Aktif, Terj. Rassul Muttaqin. Bandung: Nusamedia.Suwandi, Sarwiji. 2006. “Aplikasi Penilaian Portofolio dalam Upaya Peningkatan Mutu Karya Ilmiah Mahasiswa”. Varidika Kajian Penelitian Pendidikan Vol. 18 No.2 Desember 2006. ____________ . 2008. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Triton P.B. 2008. Kiat Sukses menjadi Penulis. Menjadi Profesional Berdaya Saing Tinggi. Yogyakarta: Tugu. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menemukan pemecahan terhadap
permasalahan pembelajaran menulis karya ilmiah sehingga pembelajarannya berlangsung
optimal. Secara khusus, penelitian tindakan ini bertujuan meningkatkan minat belajar
dan meningkatkan kompetensi menulis karya ilmiah siswa kelas XI-IPS1 SMA Negeri 1
Pati Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan pembelajaran dengan metode copy the master.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pati, dengan subjek penelitiannya siswa
kelas XI-IPS1 SMA Negeri 1 Pati. Data yang dikumpulkan dan dianalisis dalam penelitian
ini berupa data-data kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, angket, kajian
dokumen, pemberian tugas, dan tes. Dalam analisis data peneliti membandingkan isi
catatan yang dilakukan dengan kolaborator, dengan perbandingan tersebut, unsur
subjektivitas dapat dikurangi. Hasil analisis data disajikan secara deskriptif kualitatif
dan dibandingkan dengan indikator kerja. Data kualitatif yang dikumpulkan berupa catatan
hasil observasi, wawancara, angket, hasil tes, dan dokumen tugas siswa. Simpulan yang
dapat diambil dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut: (a) penerapan
metode copy the master dalam pembelajaran menulis karya ilmiah mampu meningkatkan
minat belajar siswa dan (b) penerapan metode copy the master dalam pembelajaran menulis
karya ilmiah mampu meningkatkan kompetensi menulis karya ilmiah siswa. Hal ini
terindikasi dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas dan rata-rata kelas
yang dicapai dari siklus I sampai dengan siklus III. | en_US |