Show simple item record

dc.contributor.authorSuwarti
dc.contributor.authorMarkhamah
dc.contributor.authorSabardila, Atiqa
dc.date.accessioned2012-09-07T16:42:55Z
dc.date.available2012-09-07T16:42:55Z
dc.date.issued2011-02
dc.identifier.citationAhmadi, Mukhsin. 1990. Dasar-dasar Komposisi Bahasa Indonesia. Malang : Yayasan Asih Asah Asuh. BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP / MTs Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Lampiran Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Dedeh, Sariah. 2006. Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Teknik Wawancara pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lembang Tahun Ajaran 2005/ 2006. Diakses 24 Februari 2009. Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta : Depdiknas. Kellogg, Ronald T. 2007. Improving the Writing Skill of College Students. Psychonomic Bulletin & Review. Austin: Apr 2007. Vol. 14, Iss. 2; pg.237, 6 pgs. Maskuriah, Rina. 2009. Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Menggunakan Metode Investigasi Kelompok. Moleong, Lexy, J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Rosdakarya. Muntadliroh, Nur. 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Berita dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Margoyoso Pati. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. News, Alief. 2008. Konsep Dasar Penulisan Berita. Diakses 1 Oktober 2008.O’Sullivan, Margo. 2006. Lesson Observation and Quality in Primary Education as Contextual Teaching and Learning Processes. International Journal of Educational Development 26 (2006). Hal. 246-260. Paek, Hye-Jin. 2005. Local News, Social Integration, and Community Participation : Hierarchial Linier Modeling of Contextual and Cross. Level effect. Journalism and Mass Community Quarterly Volume 82. Halaman 587 s.d. 607. Stoffels, Newton Trover. 2005. Sir, on What Page 15 the Answer? Exploring Teacher Disicion Making During Complex the Use of Learner Support Material International Journal of Educational Development Volume 2 (No. 2) Halaman 531 s.d. 546. Sugiyanto. 2007. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13. Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : Sebelas Maret University Press. Wagiran. 2007. Berita Pendalaman Materi Keterampilan Berbahasa Indonesia SMP. FBS : UNNES. Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Djambadaen_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1996
dc.description.abstractPenelitian tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran dan kemampuan siswa kelas VIII B SMP Negeri I Bringin dalam menulis teks berita. Teknik pengumpulan berupa tes unjuk kerja, observasi, wawancara, serta teknik rekam. Dengan analisis data deskriptif diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Minat siswa saat mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan meningkat, yaitu 25% menyatakan sangat senang mengikuti pembelajaran dan 50% menyatakan senang. Pada pembelajaran prasiklus tidak ada siswa yang menyatakan sangat senang mengikuti pembelajaran dan sebanyak 6 siswa atau 15% menyatakan senang. (2) Kemampuan siswa kelas VIII B dalam menulis teks berita setelah mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan meningkat, yaitu 33 siswa atau 82,5% mempunyai kemampuan menulis teks berita berkategori baik (70-84) dan 2 siswa atau 5% mempunyai kemampuan berkategori baik sekali (85-100), pada pembelajaran prasiklus hanya ada 3 siswa atau 7,5% yang mempunyai kemampuan berkategori baik.en_US
dc.subjectteks beritaen_US
dc.subjectmodel kontekstual berbasis lingkunganen_US
dc.subjectkemampuan siswaen_US
dc.titleUPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII PADA SMP NEGERI 1 BRINGIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGANen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record