• Login
    View Item 
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 24 No. 1, Juni 2012
    • View Item
    •   Home
    • Terbitan Berkala Ilmiah (Journal)
    • Kajian Linguistik dan Sastra*
    • Volume 24 No. 1, Juni 2012
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS SEMIOTIK WACANA IKLAN PROPERTI BERBAHASA INGGRIS DI SURAT KABAR DAN TELEVISI DI INDONESIA

    Thumbnail
    View/Open
    3. ERNA ANDRIYANTI.pdf (164.9Kb)
    Date
    2012-06
    Author
    Andriyanti, Erna
    Mukminatun, Siti
    Sudartinah, Titik
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh iklan properti berbahasa Inggris pada media massa cetak dan elektronik di Indonesia, mendeskripsikan makna unsur bahasa dan makna unsur non-bahasa yang berupa gambar dalam iklan-iklan tersebut, dan memaknai pesan iklan properti tersebut berdasarkan perspektif sosiokultural. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Data berjumlah 44, yang diperoleh dari harian Kompas dan The Jakarta Post serta Trans TV dan Metro TV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 keunggulan yang ditawarkan dalam iklan-iklan tersebut. Yang mendominasi adalah layanan dan rekreasi, mebelair serta fasilitas olah raga. Unsur bahasa terlihat pada nama produk, slogan, dan harga. Semua nama produk dan slogan menyimbolkan kebesaran, kemewahan, keindahan, kekhasan dan kenyamanan di tengah kehidupan yang serba modern. Harga dalam Rupiah, Dolar Amerika, Dolar Singapura, dan Euro mengindikasikan bahwa produk ditawarkan dalam skala internasional. Unsur non-bahasa, yang mendukung makna unsur bahasa, terdiri dari rumah bagus dengan taman atau kolam renang, gedung bertingkat, mebelair dan desain interior mewah, serta pantai. Berdasarkan perspektif sosiokultural, produk iklan menggambarkan terjadinya pentransferan kultur menuju gaya hidup masyarakat modern. Penggunaan bahasa Inggris dalam iklan bisa dimaknai sebagai penjualan aset secara diam-diam kepada pihak asing yang memiliki kapital yang besar.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2219
    Collections
    • Volume 24 No. 1, Juni 2012

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV