OPTIMASI KAPASITAS TEKANAN PENGISIAN REFRIGERAN DAN LAJU ALIRAN UDARA YANG MELINTASI KONDENSOR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI KERJA AC MOBIL
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengoptimisasi penggunaan tekanan isian refrigeran
pada sistem pendingin AC mobil terhadap prestasi kerjanya. Isian diekspresikan dengan tekanan
pengisian refrigeran yang dimasukan dalam sistem pendingin AC mobil. Cara yang ditempuh yaitu
dilakukan penelitian secara eksperimental. Unjuk kerja diukur dengan parameter dampak refrigerasi dan
koefisien prestasi (COP)
Dalam eksperimen ini diawali dengan perakitan sistem pendingin AC mobil yang terdiri
kompresor, kondensor, katup ekspansi, dan evaporator. Bahan pendingin (fluida kerja) yang
dipergunakan adalah refrigeran R134a. Untuk keperluan pengambilan data ditambahkan alat ukur seperti
orifice, pengukur tekanan, dan termometer yang dipasang menyatu dengan sistem. AC dilengkapi kabin
ruangan beban berukuran 60cm × 60cm × 60cm.
Hasil penelitian menunjukkan pada tekanan pengisian refrigeran antara 130-170 psig (diukur
pada titik discharge kompresor) akan memberikan efek pendinginan yang lebih baik dibandingkan pada
tekanan pengisian kurang dari 130 psig atau lebih besar dari 170 psig. Pada interval tekanan pengisian
tersebut sistem AC mampu memberikan efek pendinginan pada ruangan kabin pada interval temperatur
11-190C. Rendahnya tekanan isian refrigeran menyebabkan efek refrigerasi yang dibangkitkan juga
rendah. Sistem AC akan bekerja secara optimal pada rentang pengisian antara 110-160 psig. Pada tekanan
pengisian refrigeran < 100 psig dan atau tekanan pengisian refrigeran > 170 psig, kinerja AC akan
mengalami penurunan.