dc.contributor.author | Hw, Slamet | |
dc.contributor.author | Khotimah, Rita Pramujianti | |
dc.date.accessioned | 2013-01-18T08:06:00Z | |
dc.date.available | 2013-01-18T08:06:00Z | |
dc.date.issued | 2010-10 | |
dc.identifier.citation | Ahmad Fauzan, (2001). Pendidikan Matematika Realistik – Suatu tantangan dan Harapan. Makalah Seminar Nasional Pendekatan Realistik dan Sani di Univ.Sanatha Dharma Yogyakarta 14-15 Nopember 2001 ( tidak diterbitkan) Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm Catherine Lewis (2004) Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Online: http://www.sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm De Porter, Bobbi & Hernacky, Mike (1999). Quantum Learning; membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan (Terj. Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa Good, TL & Brophy, J.E (1990). Educational Psychology. New York & London: Longman Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guide to Classrooms Research. Buckingham Philadelphia: Open University Press. Kemmis, S & Mc Taggart, R (1988). The Action Research Planner (3nd ed). Victoria: Deakin University Press Lesson Study Research Group online: http://www.tc.edu/lessonstudy/whatislessonstudy.html Slamet Mulyana. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat Wikipedia.2007. Lesson Study. Online: http://en.wikipedia.org/wiki/Lesson_study Zulkardi (2002). RME suatu Inovasi dalam Pendidikan Matematika di Indonesia. http://www.geocities.com/ratuilma/paper/Semarang.html : 9/11/200 | en_US |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/2500 | |
dc.description.abstract | Matematika seperti anggapan banyak orang sebagai pelajaran yang sulit. Anggapan
ini tidak salah karena nilai rata-rata Ujian Nasional matematika sekolah dasar dan
menengah hampir selalu berada dibawah nilai rata-rata matapelajaran yang lainnya.
Sifat dasar matematika yang abstrak menjadi kendala utama untuk dipelajari terutama
bagi siswa yang masih dalam perkembangan berpikir kongkrit atau semi kongkrit.
Keadaan itu diperparah oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih terfokus
pada guru (teacher center), tidak berfokus pada siswa (child center). Suatu kenyataan
bahwa walaupun saat ini telah banyak diupayakan untuk meningkatkan
profesionalisme guru lewat workshop atau penataran, akan tetapi hasilnya belum dapat
dirasakan. Lesson study yang saat ini dikembangkan diberbagai Perguruan Tinggi
diyakini dapat meningkatkan profesionalisme guru. Hasil sosialisasi Leson Study,
simulasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan Pendampingan Penyusunan RPP
terhadap guru-guru SD Negeri 1,2 Gentan mendapatkan kesimpulan bahwa: (1) Guruguru
antusias dan aktif selama mengikuti sosialisasi, simulasi dan pendampingan
penyusunan RPP, (2) Ditinjau dari penguasaan materi, guru-guru mengalami
peningkatan pemahaman konsep terutama pada operasi bilangan pecahan dan luas
bangun-bangun datar yang semula dipandang sebagai kesulitan untuk mengajarkannya
kepada siswa, (3) Guru-guru mengalami peningkatan kompetensi profesional terutama
dalam hal menyusun RPP, 4) Sebagian besar guru berkeyakinan bahwa dengan
menerapkan PMRI lewat pendekatan Lesson Study akan membantu meningkatkan
pemahaman siswa tentang matematika yang ujung-ujungnya akan dapat meningkatkan
prestasi belajar. | en_US |
dc.description.sponsorship | BERSAING DIKTI | en_US |
dc.publisher | LPPM UMS | en_US |
dc.subject | Kompetensi Profesional | en_US |
dc.subject | Lesson Study | en_US |
dc.subject | PMRI | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) MELALUI LESSON STUDY | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |