Show simple item record

dc.contributor.authorSETYANINGSIH, NINING
dc.date.accessioned2013-02-06T07:24:18Z
dc.date.available2013-02-06T07:24:18Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2669
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini: (1) meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika, (2) meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengamatan, catatan lapangan, review yang dilakukan peneliti dan mitra kolaborasi. Data tindak mengajar dan belajar yang diperoleh dari tiga putaran tindakan kelas, dianalisis bersama mitra kolaborasi secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah (1) kerja kolaboratif yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan guru tentang proses pembelajaran yang didasarkan pada pendekatan realistik yang meliputi 3 fase yaitu pengenalan, eksplorasi dan fase meringkas dan (2) selama proses pembelajaran partisipasi siswa termasuk diantaranya menyelesaikan masalah, komunikasi selama diskusi ,maju ke depan kelas untuk menjawab/mengemukakan ide dengan bahasanya sendiri dapat berubah ke arah positif setelah diterapkan pendekatan realistik.en_US
dc.description.sponsorshipPenelitian Reguler (UMS)en_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectpembelajaranen_US
dc.subjectrealistiken_US
dc.subjectpartisipasien_US
dc.titlePeningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik (PTK Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record