Show simple item record

dc.contributor.authorZuhri, Saifuddin
dc.contributor.authorAbidin, Zaenal
dc.date.accessioned2013-02-06T07:33:15Z
dc.date.available2013-02-06T07:33:15Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2672
dc.description.abstractPembelajaran ditujukan untuk memfasilitasi seluas-luasnya bagi mahasiswa agar mengembangkan potensi yang dimiliki, mampu mencapai kualifikasi dan menguasasi kompetensi. Oleh karena itu pendidikan harus diletakkan pada empat pilar yaitu, belajar mengetahui (learning to know), belajar mengerjakan (learning to do), belajar hidup dalam kebersamaan (learning to live together), dan belajar menjadi diri sendiri (learning to be). Penelitian ini meneliti tentang pelaksanaan pembelajaran model Baitul Arqam di Pondok HNSUMS?. Persepsi dosen Studi Islam dan mahasiswa terhadap model pembelajaran studi Islam model Baitul Arqam serta kendala dan penunjang dalam pembelajaran model Baitul Arqam. Jenis penelitian yang penulis lakukan ini berupa penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian tersebut dihasilkan kesimpulan Pelaksanaan BA selama 4 hari dianggap efektif dan efesien walaupun masih dikeluhkan dari segi sarana dan prasarana. Model pembelajaran Baitul Arqam menurut persepsi dosen/fasilitator merupakan bentuk pembelajaran orang dewasa yang mampu mengembangkan tiga ranah pada diri mahasiswa. Faktor kendala dalam pembelajaran model Baitul Arqam adalah perlu mempertimbangkan materi yang didekati dengan konvensional dan pendekatan pemberdayaan aktif. Faktor penunjang dalam pembelajaran model Baitul Arqam adalah para mahasiswa dalam kondisi telah memiliki talenta sehingga fasilitatornya tinggal mengembangkan dengan pendekatan acitve learning.en_US
dc.description.sponsorshipPenelitian Reguler (UMS)en_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectpembelajaranen_US
dc.subjectandragogieen_US
dc.subjectBaitul Arqamen_US
dc.titlePERSEPSI DOSEN STUDI ISLAM DAN MAHASISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (Studi Kasus Pembelajaran Studi Islam Model Baitul Arqam di Pondok HNS- UMS)en_US
dc.title.alternativePERCEPTION OF LECTURER OF ISLAMIC STUDY AND STUDENTS THROUGH ADULT INSTRUCTIONAL MODEL (Case Study of Islamic Study Implementation of BaituI Arqam Model in HNS-UMS Boarding School)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record