PENGEMBANGAN ALGORITMA ”VECTOR TOOLING MESH GENERATION” UNTUK MENGHINDARI DISTORSI GEOMETRI PADA SHEET METAL FORMING
Abstract
Paradigma desain alat cetak pelat dengan teknik sheet metal forming saat
ini mengikuti pola konvensional bahwa untuk mencapai target bentuk pelat yang
di press, maka alat cetak mengikuti pola geometri bentuk pelat yang
direncanakan. Namun demikian selama pelat yang digunakan dari bahan logam
yang secara alamiah mempunyai sifat elastik, maka hasil cetakan press setelah
dilepas dari alat cetak tidak akan sesuai dengan target karena selalu terjadi
distorsi geometri akibat springback, yaitu kecenderungan kembali kebentuk
semula mengikuti karasteristik sifat elastik bahan. Penelitian ini akan fokus pada
pemberian kemampuan pada algoritma desain optimasi surface alat cetak yang
tidak berdasarkan target geometri, tetapi akan menghasilkan hasil cetakan yang
akurat sesuai target. Oleh karena itu perlu adanya suatu algoritma yang
memungkinkan melakukan koreksi surface agar menghasilkan hasil cetakan yang
sesuai dengan target desain walaupun springback terjadi.
Penelitian ini dilakukan dengan mensimulasikan proses stamping dengan
program ABAQUS 6.5-1, simulasi dilakukan dengan menggunakan empat model
yang berbeda, sehingga didapatkan koordinat masing-masing model saat forming
dan springback pada blank, koordinat blank dapat diketahui dari nodal atau
elemen pada blank, sehingga dapat diketahui besarnya nilai springback, yang
kemudian akan digunakan sebagai nilai yang digunakan untuk memodifikasi
bentuk atau geometri die atau punch yang lama menjadi bentuk die dan punch
yang baru, sehingga setelah terjadi springback target sesuai yang diinginkan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa simulasi pada setiap model
terjadi springback yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi permukaan dari die
atau punch. Springback dapat diatasi dengan memodifikasi bentuk die atau punch
yang lama menjadi bentuk die dan punch yang baru dengan memanfaatkan
informasi springback. Transformasi nodal atau elemen adalah suatu metode
untuk mendapatkan permukaan die atau punch yang baru, hal ini merupakan
aplikasi algoritma dari mesh generation.