dc.description.abstract | Preatasi belajar dapat diperoleh melalui pembelajaran aktif yang menekankan pada kemampuan
berpikir kritis, perilaku kreatif, dan problem solving dari aspek kognitif pada ranah sintesis dalam
membuat keputusan kesehatan populasinya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh
pembelajran aktif terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa khususnya pada mata kuiyah
Ekologi Kesehatan. Jenis penelitiannnya adalah korelasional melalui pendekatan cross sectional dengan
sample mahsiswa Semester III (tiga) Program Study S1 Kesehatan Masyarakat Ilmu Kedokteran UMS
berjumlah 28 orang. Pembelajaran dilakukan melalui metode Think Pair Share, Brainstorming. Writing
Activities, Feed Back Lectures, Jigsaw, dan Case Studies pada pertemuan ke 7 s/d 12. Data dianalisis
dengan teknik paired Sample T Test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelebihan pembelajaran aktif adalah memicu mahasiswa
berfikir akif, kerjasama kelompok untuk pemecahan masalah, saing berinteraksi antara anggota
kelompok dengan anggota lain, dan hasil diskusi yang maksimal. Kelemahan adalah memerlukan
waktu lama dan terdapat anggota kelompok yang bergantung kepada kelompoknya dan kelompok lain.
Tujuan akhir pembelajaran tercapai sesuai dengan tujuan setiap pkokk bahasan. Nilai Ujian Tengah
Semester mempunyai rata-rata 2.39 (C), sedangkan rata-rata nilai Ujian Akhir Semester adalah3.43 (B).
Terdapat pengaruh pembelajaran aktif terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa (p=0.000).
Kesimpulan penilaian ini adalah terdapat pengaruh metode pembelajaran aktif
terhadappeningkatan prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekologi Kesehatan. | en_US |