PEMBOBOTAN SASARAN STRATEGIS PERSPEKTIF BALANCE SCORECARD (BSC) PADA PERUSAHAAN AIR MINUM
Abstract
Usaha-usaha peningkatan kesehatan organisasi di perusahaan yang
cenderung hanya fokus pada finansial, terbukti belum dapat memenuhi harapan
stakeholder. Salah satu pendekatan yang digunakan untuk melakukan perencanaan
kinerja yang komprehensif adalah dengan menggunakan BSC yang dapat untuk
mengidentifikasi indikator-indikator kinerja yang mendukung visi dan misi dan
mengukur pencapaian kinerja perusahaan. Dengan analisis BSC dan AHP diketahui
tiga komponen atau indikator kinerja yang paling berpengaruh pada perusahaan adalah
Karyawan yang Berdisiplin dan Bertanggung Jawab (0.833), kapabilitas kerja (0.582)
dan kualitas layanan (0.486). Perbaikan pada internal organisasi diharapkan akan dapat
meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini juga bersesuaian dengan skor tertinggi
yang diperoleh ada pada proses bisnis internal (7.5).