Show simple item record

dc.contributor.authorHuda, Nurul
dc.contributor.authorJannah, Rohmah Miftahul
dc.date.accessioned2013-04-24T04:27:12Z
dc.date.available2013-04-24T04:27:12Z
dc.date.issued2012-05
dc.identifier.citationAhmad, Mustaq. 2001. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar. Ahmad, Sunarto. 1992. Terjamah Shahih Bukhari. Semarang: CV Asy Syifa’. Arifin, Badri Muhammad. 2010. (www.pengusahamuslim.com/.../hukum-hukum.../ 770-hak-kekayaan-intelektual-dalam-islam.html) (diakses pada tanggal 27 Juli 2010 pukul 09.00 WIB). Arifin, Badri Muhammad. 2010. www.suaramedia.com/.../16218-hak-kekayaanintelektual-dalam-islam.html (diakses pada tanggal 24 Oktober 2010 pukul 10.30). Ash-Shidieqy, Hasbi. 2001. Pengantar Fiqih Muamalah. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra Az-Zabidi, Imam. 2001. Ringkasan Shahih Bukhari. Bandung: Mizan Khazanah Ilmu-Ilmu Islam Hajar, Ibnu A. 2009. Tarjamah Bulughul Marom. Bekasi Timur: Pustaka Imaam Adz-Dzahabi. Hendi, Suhendi. 2007. Fiqih Muamalah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Marzuki, Umar. http://marzukiumar.blogspot.com/2010/02/dinamisasi-masalah- keummatan-semakin.html (diakses pada tanggal 18 Oktober 2010 pukul 10.30) www.dncpatent.com/merek.htm/merek-dagang-dan-merek-jasa/ (diakses pada tanggal 22 Oktober 2010 pukul 10.20 WIB) Martasilvia. 2008. Muhammad dan Alimin. 2004. Etika Dan Perlindungan Konsumen Dalam Ekonomi Islam. Yogyakarta: BPFE. Musbikin, Imam. 2001. Qawaid Fiqhiyah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Nashirudin, Muhammad. 2003. Ringkasan Shahih Muslim II. Jakarta: Pustaka Azzam IKAPI DKI. Qardhawi, Yusuf. 2001. Norma Dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press. _______. 2001a. Peran Nilai Dan Moral Dalam Perekonomian Islam. Jakarta: Gema Insani Press. Sholahuddin, SE, M.Si. 2007. Asas-Asas Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Syarifuddin, Amir. 1997. Ushul Fiqih Jilid I. Pamulung Timur, Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu. _______. 2008a. Ushul Fiqih Jilid 2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Wisnusudibjo. 2008. wordpress.com/.../hukum-islam-tentang-hak-cipta-dan-hak intelektual/ (diakses pada tanggal 27 Juli 2010 pukul 09.30 WIB).en_US
dc.identifier.issn0852-368X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2909
dc.description.abstractHak merek dagang merupakan salah satu permasalahan kontem-porer. Permasalahan utama berkaitan tentang perlindungan hak merek dagang dalam Islam antara lain: konsep kepemilikan dalam Islam, kepemilikan merek dagang dalam Islam, serta faktor-faktor yang mendasari perlindungan hak merek dagang dalam Islam. Adapun permasalahan yang menjadi pembahasan dalam artikel ini adalah bagaimana pandangan hukum Islam terhadap perlindungan hak merek dagang. Adapun hasil pembahasan antara lain: Pertama, hak merek dagang merupakan subsistem dari kepemilikan, karena sesuai dengan atau selaras dengan asal muasal sebab kepemilikan dalam hukum Islam. Kedua, yang menjadi dasar perlindungan hak merek dagang dalam hukum Islam adalah prinsip mu’amalah yaitu menghilangkan ketidakadilan, menghindari bahaya, dan mewujudkan kemaslahatan umum. Ketiga, pelanggaran hak merek dagang dalam hukum Islam termasuk dalam tindak kejahatan (jarimah), sehingga dapat dikenakan sanksi.en_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectMerek dagangen_US
dc.subjectHukum Islamen_US
dc.titlePERLINDUNGAN HAK MEREK DAGANG MENURUT HUKUM ISLAMen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record