Pengaruh Kemandirian Belajar dan Persepsi Tentang Kompetensi Keguruan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Progdi Pendidikan Akuntansi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif kemandirian belajar
dan persepsi tentang kompetensi keguruan terhadap prestasi akademik Populasi dalam penelitian
ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi. Sampel diambil dengan teknik
proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi.
Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda.Dari analisis diperoleh persamaan garis regresi
yang diperoleh adalah Y = -1,68 + 0,028X1 + 0,030X2. Pengujian dilakukan dengan uji F dan
diperoleh harga Freg = 21,886 > Ftab = 3,19 pada taraf signifikansi 5%. Hasil Freg > Ftab berarti
terdapat pengaruh yang positif kemandirian belajar dan persepsi tentang kompetensi keguruan terhadap
prestasi akademik. Sumbangan efektif kemandirian belajar 28,33% dan persepsi tentang kompetensi
keguruan 18,85%. Kemandirian belajar mempunyai kontribusi yang lebih besar daripada persepsi
tentang kompetensi keguruan dalam mempengaruhi variasi perubahan prestasi akademik.