Show simple item record

dc.contributor.authorMurwaningsih, Utami
dc.date.accessioned2013-07-04T14:18:25Z
dc.date.available2013-07-04T14:18:25Z
dc.date.issued2013-05-15
dc.identifier.citationAriyadi Wijaya. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu. Beaton. 1996.What is Reflection? On Reflection in the Teaching Profession and Teacher Education. Teacher and Teaching: Theory and Practise I (1), 23 – 32. Becher and Selter. 1996. The ”Open Approach” to Teaching School Mathematics. Journal of the Korea Society of Mathematical Education. Research in Mathematical Education.10 (3), 151-167. Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudental Institute. Jan de Lange, J. 1987. Mathematics, Insight and Meaning. Untrecht: Rijks Universiteeit. Marpaung, Y. 2001. “Pedekatan Realistik dalam Pembelajaran Matematika”. Makalah disajikan pada Seminar Nasional “Pendidikan Matematika realistik” di Uneversitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tanggal, 14 - 15 Nopember 2001. Purwoto. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Schiffer and Fosnot. 1993. Realistic Mathematics Education in Primary School. Culinborg Netherland: Freudenthal Institute untreth University. Van den Heuvel-Panhuizen,M.1998. Realistic Mathematics Education. Work in Progress. Retrieved 23February, 2011,from http://www.fi.uu.nl/en/rme/en_US
dc.identifier.isbn978-979-636-140-3
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3224
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah pendekatan pembelajaran yang lebih efektif antara Pembelajaran Matematika Realistik atau ekspositori untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/ 2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu karena kontrol dilakukan tidak pada semua variabel yang relevan, tujuannya adalah untuk membatasi cakupan penelitian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/ 2013 yang terdiri dari 8 kelas sebanyak 289 siswa. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang di ambil secara cluster random sampling, yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas VII H sebagai kelas kontrol sebanyak 36 siswa. Kelas eksperimen diterapkan pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik yang telah dihasilkan pada Penelitian Hibah Bersaing tahun I (tahun 2012), sedangkan kelas kontrol diterapkan pendekatan ekspositori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk memperoleh data nilai awal siswa dan tes untuk data prestasi belajar matematika siswa. Uji keseimbangan menggunakan uji t yang diambil dari nilai UTS matematika kelas VII semester I tahun pelajaran 2012/ 2013. Teknik analisis data analisis uji t dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan metode Bartlett.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata tes prestasi belajar matematika untuk kelas eksperimen sebesar 7.36 dengan standar deviasi 1.0533, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 5.83 dengan standar deviasi 1.0168. Dengan taraf signifikan 5%, diperoleh hasil t hitung = 6.3941 dan t = 1.994, sehingga t hitung >t tabel tabel , maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik lebih efektif daripada pendekatan ekspositori untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2012/ 2013.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectPembelajaran Matematika Realistiken_US
dc.subjectPrestasi belajar matematikaen_US
dc.titleEksperimentasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VII Semester Gasal SMP Negeri Siswa 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record