Show simple item record

dc.contributor.authorSetyono, Dwi
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2013-07-05T06:57:55Z
dc.date.available2013-07-05T06:57:55Z
dc.date.issued2013-05-15
dc.identifier.citationAbdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta Afifudin, dan Ahmad Saebani, Beni. 2012 . Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia Arikunto, Suharsimi. 1996. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: CV Rajawali. Badriyah, Siti, dan Yusuf, Munawir. 2006. Jangan Biarkan Anak Kita Berkesulitan Belajar. Surakarta: Tiga Serangkai Budiyono. 2008. Kesalahan Mengerjakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Paedagogia.11(1): 1-8 Jumali, Dkk. 2008. Landasan Pendidikan. Surakarta: UMS Press Mochtar, Buchori. 2001. Pendidikan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanicius Sukiman. 2012. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani Sutama. 2010. Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS, dan PTBK. Semarang: Citra Mandiri Utama . 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Depok: Rajagrafindo Persada Winarti, Jakum. 2012. Kajian Pragmatik Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Cerita di SMP Negeri 6 Cilacap. Ekplansia. 6(2): 150-160en_US
dc.identifier.isbn978-602-17617-2-4
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3247
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan Aritmetika Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Sebelum diadakannya penelitian terlebih dahulu diadakan try out pada siswa kelas VII F yang berjumlah 29 siswa, sedangkan penelitian diadakan pada siswa kelas VII G yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil analisis diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas sebesar 6,35 dengan persentase kesalahan tahap I tergolong tinggi yaitu sebesar 65,16%, persentase kesalahan tahap II tergolong rendah yaitu sebesar 36,13%, persentase kesalahan tahap III tergolong tinggi yaitu sebesar 72,26%, Persentase kesalahan tahap I, II, dan III tergolong cukup tinggi yaitu sebesar 57.84%. Peneliti menyimpulkan bahwa tingkat kesalahan yang dilakukan siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam menyelesaikan soal matematika dalam bentuk cerita pokok bahasan Aritmetika Sosial seluruh tahap masih tergolong cukup tinggi.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectAnalisis Kesalahanen_US
dc.subjectSoal Cerita Matematikaen_US
dc.subjectAritmetika Sosialen_US
dc.titleKesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Aritmetika Sosialen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record