Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi Pada Pembelajaran Kooperatif Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun 2011/2012 )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika
siswa melalui penerapan metode ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif STAD.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam tiga
siklus. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VIII C SMP Negeri 3 Colomadu
sebagai pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa sebagai
subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah metode tes, metode observasi, metode catatan lapangan, metode wawancara dan
metode dokumentasi. Tekni analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode
alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan
selama proses pembelajaran. Alur yang dilalui dalam analisis data meliputi pengumpulan
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari
penelitian tindakan kelas ini antara lain: 1) Siswa senang terhadap guru matematika
mengalami peningkatan dari 18,75 % menjadi 70,97 %. 2) Siswa antusias dalam belajar
matematika mengalami peningkatan dari 21,87 % menjadi 74,19 % . 3) Siswa
memperhatikan penjelasan guru mengalami peningkatan dari 21,87 % menjadi 80,65 %. 4)
Siswa menanyakan materi mengenai materi yang belum jelas mengalami peningkatan dari
15,62 % menjadi 61,29 %. 5) Siswa mengerjakan tugas tepat waktu mengalami peningkatan
dari 25 % menjadi 87,1 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran ARIAS terintegrasi pada pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan
motivasi belajar matematika.