Penerapan Model Pembelajaran Arias Terintegrasi Pada Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun 2011/2012)
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatkan aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada
pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament.. Jenis penelitian ini adalah PTK
kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIIE SMP Negeri 3
Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi,
catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan
metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan
triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa
pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS terintegrasi pada
pembelajaran kooperatif Team Game Tournament. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Aktivitas
siswa dalam bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 15,625% dan di akhir tindakan
mencapai 46,875%, 2) Aktivitas siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas sebelum
dilakukan tindakan sebesar 21,875% dan di akhir tindakan mencapai 56,250%, 3) Aktivitas
siswa diskusi sebelum dilakukan tindakan sebesar 18,750% dan di akhir tindakan mencapai
59,375%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pebelajaran ARIAS
terintegrasi pada pembelajaran kooperatif Team Game Tournament dalam pembelajaran
matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.