Analisis Kesulitan Siswa SMK Pada Materi Pokok Geometri dan Alternatif Pemecahannya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa kelas XI SMK dalam menjawab soal
geometri pada materi pokok bangun datar. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa kelas XI SMK Negeri 1
Gondang yang mempunyai kemampuan matematika rendah. Pengumpulan data siswa berdasarkan kelancaran
berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan
wawancara berbasis tugas. Analisis data dilakukan berdasarkan data tes tertulis dan data wawancara berbasis
tugas. Selanjutnya dilakukan triangulasi metode untuk mendapatkan data subjek penelitian yang valid.
Penelitian ini menghasilkan deskripsi kesulitan belajar siswa SMK sebagai berikut. Siswa mengalami
kesulitan dalam hal menjawab soal yang baru; siswa kurang memahaminya konsep lingkaran; dan
siswa sulit mengingat rumus.