Pemetaan Soal-Soal Ujian Nasional Matematika SMA/MA (Analisis Isi dan Aspek Kognitif)
Abstract
Kurikulum nasional merupakan standar acuan untuk meningkatkan mutu
pendidikan nasional dan menentukan arah kebijakan pengembangan pendidikan. Dengan
demikian diperlukan suatu barometer untuk mengidentifikasi ketercapaian standar
pendidikan nasional. Dari berbagai metode yang dapat digunakan dalam pengukuran
ketercapaian standar pendidikan nasional, Ujian Nasional merupakan metode yang tepat
dan efektif. Namun sampai saat ini metode pengukuran ketercapaian standar pendidikan
nasional menggunakan Ujian Nasional tersebut belum pernah dilakukan, sehingga
penelitian ini menjadi sangat penting dan signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)
mengidentifikasi penyebaran soal Ujian Nasional Matematika dari aspek isi, 2)
mengidentifikasi penyebaran soal Ujian Nasional Matematika dari aspek kognitif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa enam aspek isi dalam mata pelajaran
Matematika, yaitu: 1) Aljabar, 2) Logika Matematika, 3) Geometri, 4) Statistika dan
Peluang, 5) Kalkulus, dan 6) Trigonometri yang tercakup dalam Ujian Nasional tahun
2010 dan 2011 dianalisa dengan menggunakan metode dan prosedur TIMSS Frameworks
2011. Selanjutnya, aspek-aspek kognitif: 1) Pengetahuan, 2) Penerapan, dan 3) Penalaran
tidak tersebar merata dalam Ujian Nasional SMA tahun 2010 dan 2011. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Ujian Nasional belum merefleksikan ketercapaian standar pendidikan
nasional. Beberapa rekomendasi terhadap implementasi Ujian Nasional menjadi hasil
yang penting dari penelitian ini.