Show simple item record

dc.contributor.authorDewanti, Sintha Sih
dc.date.accessioned2013-07-09T23:14:02Z
dc.date.available2013-07-09T23:14:02Z
dc.date.issued2012-05-09
dc.identifier.citationKunandar. 2010. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers. Mulyasa, E. 2011. Menjadi guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya. Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: Bumi Aksara. Nurdin, Muhammad. 2010. Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group. Permendiknas RI No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Rusman. 2010. Model – Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta. Tim. 2009. Suplemen BPAF Program Studi Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijga Yogyakarta. Tim. 2012. Buku Panduan Praktik Pembelajaran Mikro. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijga Yogyakarta. UU RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Usman, M. Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.en_US
dc.identifier.isbn978-979-636-140-3
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3275
dc.description.abstractPenelitian ini mendeskripsikan kesiapan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika sebagai calon pendidik profesional di bidang matematika melalui matakuliah Praktik Pembelajaran Mikro (PPM). Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil matakuliah PPM pada semester genap tahun akademik 2011/2012. PPM merupakan praktikum yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan untuk menyiapkan mahasiswa agar menguasai kompetensi keguruan sehingga dapat mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional. Instrumen pengumpulan data berupa: 1) lembar penilaian rencana pelaksanaan PPM; 2) lembar observasi praktik pembelajaran keterampilan dasar dalam proses pembelajaran; 3) lembar penilaian kompetensi praktikan; 4) catatan PPM; dan 5) lembar evaluasi PPM. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa mahasiswa sudah siap menjadi calon pendidik profesional di bidang matematika menurut kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Faktor yang paling mempengaruhi kesiapan mahasiswa sebagai calon pendidik profesional di bidang matematika adalah kemampuan penguasaan materi prasyarat matakuliah PPM terutama pada matakuliah kependidikan matematika.en_US
dc.publisherMuhammadiyah University Pressen_US
dc.subjectmahasiswa Program Studi Pendidikan Matematikaen_US
dc.subjectpendidik profesionalen_US
dc.titleAnalisis Kesiapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Sebagai Calon Pendidik Profesionalen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record