Peningkatan Profesional Dosen Melalui Program Perluasanlesson Study pada Jurusan P MIPA Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
Abstract
Tujuan program Lesson Study ini mengkaji dan mendeskripsikan :
1) Peningkatan persiapan pembelajaran, 2) Menumbuhkan kerja kolaborasi, 3)
Kontribusi pengembangan strategi pembelajaran, 4) Kontribusi kolegialitas, 5)
Kesiapan belajar mahasiswa, 6) Memperbaiki proses pembelajaran berdasarkan
hasil refleksi, 7) Pengembangan media pembelajaran, dan 8) Pengembangan
perangkat penilaian. Pelaksanaan Lesson Study di Prodi. Pend. Matematika dan
Biologi FKIP UMS tahun 2011 memberikan kontribusi terhadap peningkatan
kualitas pembelajaran dan perbaikan mutu dosen, antara lain 1) Peningkatan
persiapan pembelajaran, 2) Menumbuhkan kerja kolaborasi, 3) Kontribusi
pengembangan strategi pembelajaran. Kesimpulan dari program ini adalah 1)
Teridentifikasi permasalahan pembelajaran pada Prodi Pendidikan Matematika dan
Biologi dan alternatif solusinya terbangunnya komunitas belajar antar dosen, antar
mahasiswa, dan antara mahasiswa dengan dosen, 3) Meningkatkan efektifitas
komunikasi akademik dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran, 4)
Sosialisasi Lesson Study ke fakultas/prodi lain di dalam LPTK penerima hibah dan
fakultas/prodi lain di PT lain. 5) Melaksanakan pendampingan Lesson Study di
sekolah agar diperoleh model pembelajaran inovatif, 6) Ditemukannya berbagai
model pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum dan permasalahan pembelajaran di
LPTK/sekolah berdasarkan pada kondisi mahasiswa/siswa dan lingkungan
kampus/sekolah melalui pemanfaatan perangkat pembelajaran berbasis hands on
activity, mind on activity, daily live dan local material, 7) Meningkatnya
kemampuan belajar terutama dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik
tingkat tinggi, 8) Meningkatnya pemenuhan hak belajar setiap mahasiswa. 9)
terbangunnya komunitas profesional antar, dosen dan guru, dan antar guru dalam
rangka pengembangan budaya yang berkelanjutan, 10) Terbentuknya jejaring
belajar antar LPTK untuk mengembangkan keprofesionalan dalam bidang masingmasing.