dc.contributor.author | Sutarsih | |
dc.date.accessioned | 2013-07-30T08:08:02Z | |
dc.date.available | 2013-07-30T08:08:02Z | |
dc.date.issued | 2013-06-01 | |
dc.identifier.citation | Alwi, Hasan, Soenjono Dardjowidjojo, Hans Lapoliwa, dan Anton M. Moeliono. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka. Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta. Keraf, Gorys. 2007. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia. Lyons, John. 1995. Pengantar Teori Lingusitik. Diindonesiakan I. Soetikno. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Moeliono, Anton M. 2001. Bahan Penyuluhan Bahasa Indonesia: Bentuk dan Pilihan Kata. Jakarta: Pusat Bahasa. Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2008. Efekctive Teaching: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Panitia Pengembangan Bahasa Indonesia. 2008. Pedoman Umum Pembentukan Istilah Edisi Ketiga. Jakarta: Pusat Bahasa. Ruddyanto, C. 2011. “Peran Balai dan Kantor Bahasa dalam Perencanaan Bahasa Indonesia”. Dalam Perencanaan Bahasa Pada Abad Ke-21: Kendala dan Tantangan. Risalah Simposium Internasional Perencanaan Bahasa. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Tim redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-979-1032-64-3 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3330 | |
dc.description.abstract | Bahasa sebagai alat komunikasi memiliki peran sebagai sarana
penyampai informasi. Dengan demikian, bahasa juga memiliki peran
sebagai penyampai informasi ilmiah atau keilmuan. Semakin mudah
bahasa dipahami, semakin mudah ilmu diserap. Penggunaan bahasa
yang tepat, mudah, dan komunikatif dalam bidang keilmuan, dapat
membantu mempercepat penguasaan bahan ajar. Tidak terkuasainya
suatu bahan ajar disinyalir karena kendala bahasa. Hal itu ada
kemungkinan disebabkan oleh pemilihan kata atau istilah yang
dipergunakan dalam bahan ajar tersebut tidak tepat. Oleh karena itu,
perlu kecermatan penggunaan pilihan kata dalam bahasa lisan dan
bahasa tulis sebagai sarana penguasaan bahan ajar agar tercapai
target nilai maksimal dalam kegiatan pembelajaran. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | Bahasa | en_US |
dc.subject | Pilihan kata | en_US |
dc.subject | Penguasaan | en_US |
dc.subject | Kalimat | en_US |
dc.title | Pemilihan Kata Bahasa Indonesia Sebagai Sarana Penguasaan Bahan Ajar | en_US |
dc.type | Article | en_US |