• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Prosiding Pendidikan Profesi dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
    • Prosiding Pendidikan Profesi dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kompetensi Guru Dan Dosen Bahasa Dan Sastra Indonesia Sebagai Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa Di Era Global

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (403.8Kb)
    Date
    2013-03-01
    Author
    Rohmadi, Muhammad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    “Guru dan dosen adalah sosok yang digugu dan ditiru! Seorang guru dan dosen harus peka, kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Guru dan dosen harus mendidik dengan hati, selalu mengamati, memodifikasi, dan menginovasi model-model pembelajaranya di kelas dan di luar kelas dengan berbagai media inovatif yang memadai dan menyenangkan” Sosok guru dan dosen adalah profesi yang mulia sepanjang diniati untuk ibadah. Seorang guru dan dosen tidak dapat terlepas dari keterampilan berbicara, baik di dalam kelas dan luar kelas. Alam menjadi mendia pembelajaran dan pengayaan guru dan dosen. Alam memiliki berbagai konteks pembelajaran bagi guru dan dosen. Guru dan dosen memerlukan kepiawean berbiara, baik dengan peserta didik maupun teman sejawat. Terkait dengan keterampilan berbicara ini, berbicara diartikan sebagai kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi bahasa, untuk mengekspresikan atau menyampaikan pikiran, gagasan atau perasaan secara lisan (Brown dan Yule, 1983). Berbicara sering dianggap sebagai alat manusia yang paling penting bagi kontrol sosial, karena berbicara merupakan suatu bentuk perilaku manusia yang memanfaatkan faktor-faktor fisik, psikologis, neurologist dan linguistik secara luas. Banyaknya faktor yang terlihat di dalamnya, menyebabkan orang beranggapan, bahwa bicara merupakan kegiatan yang kompleks. Dengan demikian, keterampilan dan kepiawean berbicara sangat diperlukan oleh setiap guru dalam pembelajaran, khususnya guru dan dosen bahasa Indonesia.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3517
    Collections
    • Prosiding Pendidikan Profesi dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV