Karakter Enterpreuner dan Pola Asuh Orangtua
Abstract
Artikel ini merupakan telaah pustaka tentang karakter yang penting dimiliki oleh
individu yang ingin berhasil sebagai seorang enterpreneur dan hubungannya dengan pola
asuh orangtua. Peterson dan Seligman (2004) mengidentifikasi 24 strengths yang diistilahkan
character strengths dalam klasifikasi “Values in Action” (VIA). Beberapa riset telah
mengkaji adanya karakteristik tertentu pada entrepreneur yang sukses dan menurut Worrell
(2011) ada the top five character strengths for entrepreneurs yaitu Authenticity, Leadership,
Fairness, Gratitude, dan Zest. Karakter harus dibentuk dan orangtua memainkan peran
penting dalam pembentukannya (Park, 2009; Lexmond & Reeves, 2009). Dari beberapa
penelitian dapat disimpulkan bahwa pola asuh otoritatif berefek positif pada kelima karakter
enterpreneur. Artikel ini juga mendiskusikan efek pola asuh yang lain (Martinez dkk., 2007;
Garcia & Gracia, 2009) pada perkembangan karakter entrepreneur.