Show simple item record

dc.contributor.authorTriono, Ari
dc.contributor.authorMustika, I Wayan
dc.contributor.authorAdhipta, Dani
dc.date.accessioned2013-12-31T02:35:33Z
dc.date.available2013-12-31T02:35:33Z
dc.date.issued2013-03
dc.identifier.citation[1] Turban, E. A.; Aronson, J. E. & Liang, T. P., “Decision Support System and Intelligence System 7 Edition,” Prentice Education International, 2005. [2] Seddon, P., Staples, S., Patnayakuni, R., & Bowtell, M. “Dimensions of Information Systems Success,” Communications of the AIS 2(20), 1999. [3] O’Brien, J. A., “Introduction to Information System 12 th Edition,” McGraw-Hill, 2005. [4] McLeod, R. Jr., “Management Information System 7 th Edition,” Prentice Hall, New Jersey, 1998. [5] Laudon, K. C. and Laudon, J. P., “Management Information System: Managing The Digital Firm 10 Edition”, Pearson Education Inc, 2007. [6] Halonen, Raija., “Reflecting With The DeLone & McLean Model”, The Internatioal Workshop On Practice Research, 1-13, June 8, Helsinki, 2011. [7] Seddon, P., and Kiew, M. "A Partial Test and Development of the Delone and Mclean Model of Is Success," SOCIETY FOR INFORMATION MANAGEMENT, pp. 99-110, 1994. [8] DeLone, W.H., and McLean, E.R. "Information Systems Success: The Quest for the Dependent Variable," INFORMATION SYSTEMS RESEARCH 3(1), 60-95, 1992. [9] Jogiyanto, H. M., Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. ANDI, Yogyakarta, 2007. [10] Hwang, H. & Takane, Y., “Generalized Structured Component Analysis,” Psychometrika, 69(1), 81-99, 2004. [11] Ghozali, I., Generalized Structured Component Analysis (GSCA) Model Persamaan Struktural Berbasis Komponen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2008. [12] Morissan, C. W., Metode Penelitian Survei. Jakarta Kencana, Jakarta, 2012. then_US
dc.identifier.issn2087-085X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4129
dc.description.abstractLibrary Information System (UMSLibrary) adalah sebuah sistem informasi yang dipakai oleh perpustakaan UMS untuk memudahkan pengguna. Penggunaan Library Information System (UMSLibrary) tidak hanya dapat melakukan penelusuran terhadap koleksi buku, tetapi juga bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti: melihat daftar buku yang dipinjam, melihat denda keterlambatan, memperpanjang peminjaman secara online dan fungsi-fungsi lainnya. Pengembangan terus dilakukan oleh tim teknologi informasi (TI) selama 6 tahun tetapi tidak diikuti dengan evaluasi terhadap kesuksesan sistem yang diimplementasikan, oleh karena itu sampai saat ini belum pernah sekalipun dilakukan evaluasi terhadap Library Information System (UMSLibrary). Penelitian ini akan mengevaluasi Library Information System (UMSLibrary), dengan menggunakan model kesuksesan Seddon & Kiew yang merupakan pengembangan model DeLone & McLean. variabel yang digunakan antara lain: pentingnya sistem, kualitas sistem, kualitas informasi, manfaat sistem dan kepuasan pengguna. Sampel untuk kuesioner disebar kepada 150 responden dan yang layak untuk dianalisis berjumlah 144 kuesioner. Generalized Structured Component Analysis (GSCA), software berbasis web yang dapat diakses di alamat http://sem-gesca.org, digunakan untuk analisis. Hasil pengujian menggunakan α = 0,05 menunjukkan bahwa kualitas sistem tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, karena pengguna merasa kurang puas terhadap sistem yang tidak diberikan petunjuk penggunaan. Kualitas informasi tidak berpengaruh terhadap manfaat sistem, karena beberapa informasi yang ditampilkan oleh sistem tidak disertai dengan petunjuk pemakaian.en_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectEvaluasi Library Information System (UMSLibrary)en_US
dc.subjectGeneralized Structured ComponentAnalysis (GSCA)en_US
dc.subjectModel KesuksesanSeddon & Kiewen_US
dc.subjectModel Kesuksesan DeLone & McLeanen_US
dc.titleEvaluasi Implementasi Library Information System (UMSlibrary) dari Perspektif Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record