Perwujudan Tindak Kesantunan Direktif Siswa SD Berlatar Belakang Budaya Jawa
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi realisasi bentuk kesantunan berbahasa
siswa SD, menurut aspek pemarkah formal dan wujud pragmatik kesantunan
berbahasa. Metode penelitian ini berbentuk kualitatif dengan strategi studi kasus
ganda. Metode penelitian tahun I: sumber datanya meliputi aktivitas dan keseluruhan
siswa SD yang berlatar belakang budaya Jawa di Surakarta, di daerah marginal, dan
di DIY yang ditentukan secara purposive sampling dengan pertimbangan criterion
based selection; datanya berupa satuan lingual tindak tutur direktif, baik dalam
suasana formal maupun nonformal di sekolah; teknik pengumpulan data dilakukan
dengan teknik dasar sadap dilanjutkan dengan teknik simak bebas libat cakap;
analisis data dilakukan dengan teknik heuristik dan means end yang diperkuat
dengan teknik padan intralingual dan ekstralingual. Realisasi perwujudan tindak
kesantunan direktif andik SD ditentukan berdasarkan eksplikatur, pemarkah lingual,
penanda kontekstual, implikatur, dan konteks sosial-sosietal. Realisasi tindak
kesantunan direktif andik SD tidak pernah tunggal. Andik SD sudah memiliki
potensi mewujudkan kepelbagaian tindak kesantunan direktif menjadi 36
subkesantunan direktif, dari yang berpemeringkat paling tinggi