Aplikasi Teori Niche Melalui Iklan Display Surat Kabar Solo Pos dan Joglosemar Periode 17 Desember 2012 – 15 Januari 2013
Abstract
Surat kabar merupakan media cetak yang masih diminati oleh masyarakat. Termasuk surat
kabar harian Solo Pos dan Joglosemar yang memiliki central sirkulasi di wilayah Surakarta. Dengan
adanya fakta tersebut terjadilah persaingan di antara kedua surat kabar terutama dalam hal
pencetakan iklan display. Penelitian ini menggambarkan apakah ada perbedaan frekuensi pencetakan
iklan display dan seberapa besar persaingan media cetak lokal terhadap iklan display antara surat
kabar harian Solo Pos dan Joglosemar periode 17 Desember 2012 – 15 Januari 2013 dengan aplikasi
Teori Niche. Metode yang digunakan adalah analisis isi yang berfungsi sebagai alat untuk mengukur
iklan display sesuai dengan kategori iklan dan sirkulasi iklan. Setelah itu, data akan dipergunakan
untuk menghitung besaran persaingan media menggunakan Teori Niche yaitu niche breadth dan niche
overlap. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa melalui kategori iklan display surat kabar Solo Pos
bersifat cenderung generalis dan Joglosemar cenderung spesialis. Melalui sirkulasi iklan display
kedua surat kabar ini memiliki sifat spesialis.