Kajian Sosiolingustik Pemakaian Bahasa Mahasiswaasing dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Sebelas Maret
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemakaian bahasa oleh mahasiswa asing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik. Pengumpulan data dengan metode simak dan cakap serta teknik wawancara mendalam. Analisis sosiolinguistik yang dilakukan memperhatikan konteks sosial yang berupa komponen tutur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa Indo- nesia dominan pemakaiannya dalam peristiwa tutur karena bahasa pengantar dalam pembelajaran tersebut menggunakan bahasa Indonesia. Adapun bahasa Inggris muncul sebagai bahasa mediasi antara dosen dan mahasiswa apabila terdapat kesulitan dalam pembelajaran. Bahasa lain yang muncul dalam pembelajaran tersebut adalah bahasa Jawa karena berkaitan dengan bahasa pergaulan di Kota Solo menggunakan bahasa Jawa. Dalam memberikan materi bahasa Indonesia seharusnya aspek konteks budaya juga harus diberikan karena dalam masyarakat terdapat ragam formal dan percakapan yang harus dipahami oleh mahasiswa asing sehingga tidak terjadi kesalahan pemakaian bahasa