Show simple item record

dc.contributor.authorSufanti, Main
dc.contributor.authorFatimah, Nuraini
dc.date.accessioned2014-07-16T03:56:11Z
dc.date.available2014-07-16T03:56:11Z
dc.date.issued2012-12
dc.identifier.citationAl-Ma’ruf, Ali Imron. 2011. “Pemilihan Bahan Ajar Sastra untuk SMTA: Perspektif Kurikulum Berbasis Kompetensi”. http://aliimronalmakruf.blogspot.com/ 2011/04/pemilihan-bahan-ajar-sastra-untuk-smta.html. Diakses 30 Desember 2011 pukul 15.33. Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press. BSNP. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs. http://www.bsnp-indonesia.org. Diakses ada tanggal 12 Januari 2010. Effendi. 1982. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende Flores: Nusa Indah. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurihsan, Achmad Juntika dan Mubiar Agustin. 2011. Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja, Tinjauan Psikologi, Pendidikan, dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama. Suparlan; Dasim Budimansah; dan Danny Meirwan. 2009. PAKEM, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo. Santrock, John W. 2003. Adolescence: Perkembangan Remaja. (Diterjemahkan oleh Adelar, Shinto B dan Sherly Saragih). Jakarta: Erlangga. Situmorang, B.P. 1983. Puisi dan Metodologi Pengajarannya. Ende Flores: Nusa Indah. Sumardi dan Abdul Rozak Zaidan. 1997. Pedoman Pengajaran Apresiasi Puisi SLTP dan SLTA. Jakarta: Balai Pustaka.en_US
dc.identifier.issn0852-9604
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/4569
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan relevansi karya-karya sastra di surat kabar dengan KD kemampuan bersastra pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP dan (2) mendeskripsikan relevansi karya-karya sastra di surat kabar dengan tingkat perkembangan psikologis siswa SMP. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Penelitian pada tahun pertama ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kata, frase, kalimat, dan wacana pada karya sastra di surat kabar. Data ini diambil dari sumber data surat kabar Solopos dan Kompas pada bulan Januari-Februari 2011. Teknik pengambilan data dengan teknik simak dan catat. Analisis data menggunakan teknik analisis kritis dan komparatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tidak semua karya sastra di surat kabar Solopos dan Kompas memiliki relevansi dengan KD di SMP dan tidak semua KD dapat dicapai melalui karya sastra di surat kabar. Hanya ada empat jenis karya apresastra yang dimuat di surat kabar yang relevan dengan KD di SMP yaitu cerita anak, puisi, cerita pendek, dan cerita bergambar. Jika dilihat secara kuantitas, KD yang berkaitan dengan cerita anak, puisi, drama, dan cerita pendek sebesar 64%. Adapun novel, pantun, dan syair yang mencapai 36% dari KD tidak dimuat di dalam surat kabar. (2) Tidak semua karya sastra di surat kabar relevan dengan tingkat perkembangan psikologis siswa SMP. Secara kuantitatif, 49% karya sastra yang dimuat di surat kabar relevan dengan KD SMP sekaligus relevan dengan tingkat perkembangan psikologis siswa SMP. Jika ditilik relevansi karya sastra setiap surat kabar dengan tingkat perkembangan psikologis siswa SMP adalah dari 54 karya sastra ada 37 atau 69% karya sastra di Solopos yang relevan untuk dijadikan bahan ajar sesuai dengan KD SMP dan tingkat psikologis siswa SMP dan dari 131 karya sastra, ada 40 atau 31% karya sastra di Kompas yang relevan untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar sesuai dengan KD SMP dan tingkat psikologis siswa SMP.en_US
dc.publisherLPPM UMSen_US
dc.subjectpsikologis siswaen_US
dc.subjectpembelajaran sastra di SMPen_US
dc.subjectkarya sastra surat kabaren_US
dc.titleRelevansi Karya Sastra di Surat Kabar dengan Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertamaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record