Implementasi 12 Pilar Pemasaran untuk Promosi Pendidikan Tinggi
Abstract
Penelitian ini bersifat research and development yang dilakukan secara bertahap dalam waktu tiga tahun. Untuk tahun pertama, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bauran promosi dari 12 pilar pemasaran yang digunakan oleh program-program studi di pascasarjana UMS. Metode tahun pertama dilakukan dengan penelitian eksploratif. Data dihimpun melalui sumber informan, sumber tempat dan peristiwa, serta sumber dokumentasi/arsip yang ada. Untuk menggali data dari berbagai sumber di atas dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan langsung dan analisis isi data-data dokumen/ arsip. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan dengan teknik analisis model interaktif. Model interaktif ini meliputi; pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, dari 12 pilar pemasaran, hanya lima pilar yang sudah digunakan kebanyakan program studi, yaitu ; public relation, referral, direct sales, advertising, dan seminar/ workshop. Namun aplikasinya belum optimal. Oleh sebab itu untuk mendapatkan jumlah pendaftar yang lebih banyak pengelola program studi perlu mencoba melaksanakan pilar-pilar pemasaran lainnya.