Konsep Integrasi Ilmu Ghoyah dan Ilmu Wasilah Dalam Kurikulum Pendidikan di Sekolah (Studi Kasus di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap Tahun 2012-2013)
Abstract
Studi dalam penelitian ini adalah mengenai konsep integrasi ilmu ghoyah
(tujuan) dan ilmu wasilah (sarana) dalam kurikulum pendidikan di sekolah. Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi konsep integrasi
ilmu ghoyah dan ilmu wasilah yang diterapkan di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah
Cilacap, dan mengidentifikasi problem utama dan solusi yang harus dilakukan dalam
implementasi integrasi ilmu ghoyah dan ilmu sarana di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah
Cilacap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif
yang merupakan studi kasus di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. Data yang perutertulis
berupa buku, dokumen dan majalah yang berkaitan dengan konsep
pengintegrasian ilmu ghoyah dan ilmu wasilah. Sedangkan data yang tidak tertulis
didapat dari SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap. Pengumpulan data menggunakan
metode observasi, dokumentasi dan wawancara yang dianalisis dalam bentuk verbal
dengan interpretasi koherensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ilmu
ghoyah dan ilmu wasilah yang diterapkan di SMA Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap
ada beberapa bentuk yaitu, integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah dalam penyusunan
perangkat pembelajaran, pelaksanaan KBM, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan
lainnya. Menurut analisis peneliti, ada beberapa hal yang dapat membantu berjalannya
proses integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah dalam beberapa kegiatan di atas,
diantaranya adalah: 1. Pengetahuan dan kemampuan guru dalam menerapkan konsep
integrasi ilmu ghoyah dan ilmu wasilah. 2. Adanya kerjasama antara guru dan orangtua
dalam megawasi kegiatan peserta didik di luar sekolah.