Pandangan Murid Terhadap Guru: 60 Tahun Prof. Dr. M. Amin Abdullah
Abstract
Makalah ini membahas tentang pemikiran M. Amin Abdullah (Guru Besar
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dalam bidang Islamic Studies. Metode penulisan yang
digunakan dalam makalah ini adalah metode biografis-reflektif karena penulis merupakan
salah seorang mantan mahasiswanya. Fokus pembahasan makalah ini adalah warisan
meteodogi keilmuan dan implikasinya dalam kajian Islam di Indonesia. Makalah ini
menyimpulkan beberapa warisan keilmuan Islam dari M. Amin Abdullah umumnya
bermuara pada konsep integrasi-interkoneksi keilmuan dalam Islam yang selama ini
cenderung berjarak, khususnya dalam warisan studi keislaman klasik. Pemikiran lainnya
adalah tentang pentingnya sikap akademis dalam pengembangan studi keislaman masa
depan. Dalam aspek metodologi keilmuan, beliau menekankan pentingnya pembaharuan
dalam studi keislaman kontemporer untuk membumikan ajaran Islam sebagai warisan
langit, sakral dan transendental, menukik pada kebutuhan untuk menjawab berbagai
persoalan duniawi yang empiris dan imanen. Implikasi pemikiran Amin Abdullah adalah
memberikan interpretasi baru studi keilmuan Islam kontemporer yang lebih kontekstualempiris,
yang berbeda dengan format studi keislaman klasik yang tekstual-normatif.