نحو مقومات شخصية المعلم المفضلة (فى ضوء دراسة الآية: ١٥١ من سورة البقرة)
Abstract
Allah merunkan Al-Qur`an untuk umat Islam agar dijadikan sebagai petunjuk
dan pedoman hidup dalam seluruh kehidupannya. Tidak terkecuali dalam pendidikan. Karena
pendidikan merupakan pokok dasar dalam mencerdaskan dan membangun sebuah bangsa.
Jika sebuah pendidikan itu baik, maka sebuah bangsa juga akan baik. Dan diantara unsur
utama keberhasilan pendidikan adalah tersedianya pengajar yang memiliki kepribadian idial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur utama yang harus menjadi
kepribadian seorang pengajar dengan mengkaji ayat 151 surat al-Baqarah. Jenis penelitin ini
merupakan penelitian perpustakaan, deskriptif analisis. Analisa dilakukan terhadap pendapat
dan penafsiran ahli tafsir berkaitan ayat 151 surat al-Baqarah. Teknik analisa data menggunakan model interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian dan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara kepribadian pengajar yang harus
dimiliki sebagaimana diisyaratkan dalam ayat 151 surat al-Baqarah adalah sebagai berikut:
(1) seorang pengajar harus memiliki becaan yang luas, baik berupa bacaan Al-Qur`an atau
keilmuan yang berkaitan dengan disiplin keilmuannya; (2) seorang pengajar harus
mengajarkan Al-Qur`an sesuai dengan pemahaman para salafus-shaleh. Termasuk dalam
mengajarkan Al-Qur`an adalah mengajarkan tulis-menulis dengan makna yang seluasluasnya,
karena itu seorang pengajar harus mampu meningkan kemampuan dalam menulis
ilmiah sesuai kopetensinya; (3) mengajarkan hikmah, yaitu kemampuaan untuk melakukan
tindakaan secara tepat sesuai dengan kondisi dan tujuan; (4) melakukan penyucian diri/jiwa
secara menyeluruh, karena selama jiwa seorang pengajar itu baik, maka seluruh kejiwaan
para peserta didik juga baik; (5) pengajar harus selalu menambah dengan berbagai keilmuan
yang terkini.