Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulisis Imiah Mahasiswa S1 Fisioterapi UMS dengan Metode Kolaborasi Pada Tahun Akademik 2012/2013
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini ada dua, yaitu (1) menerapkan metode kolaboratif untuk
meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa dan (2) meningkatkan
kemampuan menulis ilmiah mahasiswa melalui metode kolaboratif. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan penelitian berangkat dari
permasalahan riil yang dihadapi oleh pengajar dalam proses belajar-mengajar kemudian
direfleksikan alternatif pemecahan masalahnya dan ditindaklanjuti dengan tindakantindakan
nyata yang terencana
dan terukur.
Subjek penelitian ini adalah mahasiswa
jurusan
S1 Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan UMS semester 1 tahun ajaran 2012/
2013
yang sedang menempuh mata kuliah Bahasa Indonesia. Setelah tindakan demi
tindakan
dilakukan sesuai dengan prosedur
penelitian yang ada, dapat dikemukakan
hasilnya
bahwa dengan diterapkannya metode kolaborasi kemampuan menulis ilmiah
mahasiswa
meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peran aktif mereka
ketika mengikuti
perkuliahan
menulis ilmiah dan timbulnya kesadaran bahwa menulis adalah
keterampilan
yang sangat penting untuk dikuasai. Berdasarkan
hasil tes keterampilan
menulis
ilmiah diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 74, 43 dengan nilai tertinggi 97
dan
nilai terrendah
47. Rata-rata kelas nilai menulis ilmiah mahasiswa sebelum diberi
tindakan
adalah 53, 82 dengan nilai tertinggi 89 dan nilai terendah
25. Nilai rata-rata
kelas
sebelum dan sesudah tindakan menunjukkan kenaikan yang signifikan sehingga
dapat
disimpulkan bahwa kemampuan menulis ilmiah mahasiswa setelah diberi tindakan
dengan
metode kolaborasi meningkat.