Pengelolaan Pembelajaran Ekonomi Berbasis IT Kelas XII di SMAN 1 Getasan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan materi, strategi instruksional, media, dan
interaksi dalam pembelajaran ekonomi berbasis IT kelas XII di SMAN 1 Getasan. Desain
penelitian adalah etnografi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara
mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan urutan
kegiatan yang meliputi pengaturan data, proses penganalisisan, model analisis, analisis
dalam situs, dan penyusunan kesimpulan. Uji keabsahan data meliputi kepercayaan
dan kepastian. Materi-materi pelajaran ekonomi yang diajarkan di SMA N 1 Getasan
bersumber dari buku paket ekonomi, terbitan yudistira, LKS, dan referensi lainnya,
seperti internet. Strategi dalam pembelajaran ekonomi berbasis IT di SMAN 1 Getasan
tidak hanya memfokuskan penggunaan teknologi, tetapi dilakukan dengan prinsip siswa
aktif. Media pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi berbasis IT di SMAN 1 Getasan
sangat praktis karena berbentuk elektronik yang disajikan melalui LCD atau player.
Media yang digunakan dibuat oleh sendiri guru SMAN 1 Getasan, dengan software
macromedia flash. Pembelajaran ekonomi berbasis IT di SMAN 1 Getasan berjalan
interaktif. Interaksi berlangsung satu arah dan dua arah. Interaksi satu arah terjadi
ketika guru menyampaikan materi yang membutubkan pemahaman, dan siswa hanya
diminta untuk memperhatikan. Interaksi dua arah terlihat dan aktivitas guru dan siswa
dalam kegiatan tanya jawab, kegiatan kelompok belajar, dan diskusi.