Pengaruh Pemanfaatan Hidrogen Terhadap Kenaikan Temperatur Engine pada Sistim Bahan Bakar Dual Fuel Mesin Compressed Ignition
View/ Open
Date
2014-11-25Author
Wijianto, Agus
Zaira, Jupri Yanda
Jaenudin, Jajang
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemanfaatan hidrogen sebagai bahan bakar alternatif dewasa ini semakin mendapat perhatian
yang serius dari pemerintah dan industri otomotif mengingat sifat ketersediaannya dialam yang
melimpah tanpa batas dan hasil pembakarannya tidak menimbulkan polusi. Pemanfaatan
hidrogen sebagai suplemen bahan bakar pada mesin compressed igniton dual fuel telah berhasil
dilakukan di multi purpose workshop Politeknik Caltex Riau. Penelitian menunjukkan bahwa
hidrogen mampu digunakan sebagai suplemen bahan bakar pada mesin diesel pada berbagai
variasi pembebanan dan variasi bukaan udara masuk . Penggunaan hidrogen ini menyebabkan
kenaikan temperatur pada silinder block, kenaikan temperatur gas buang, kenaikan temperatur
cairan pendingin dan kenaikan temperatur pelumas mesin. Terdapat kecenderungan kenaikan
temperatur yang menunjukkan bahwa semakin banyak hidrogen pada campuran udara-hidrogen
yang masuk ke ruang bakar menyebabkan kenaikan temperatur yang semakin tinggi pada engine.
Kenaikan temperatur gas buang tertinggi didapat pada ¼ bukaan udara masuk dengan kenaikan
maksimal 39oC pada beban puncak 1450 watt, adapun pada bukaan full terdapat kenaikan
temperatur 70C pada beban 1155 watt. Kenaikan temperatur pada blok silinder pada beban puncak
sebesar 5 oC s/d 16 oC, sedangkan kenaikan temperatur pelumasan antara 5 oCs/d 13 oC dan pada
cairan pendingin terjadi kenaikan temperatur sebesar 5 oC s/d 17 oC.